KB Kookmin Bank dan Bukopin Sinergi Program Social Responsibility

KB Kookmin Bank dan Bukopin Sinergi Program Social Responsibility


Jakarta — Serikat Pekerja KB Kookmin Bank bersama Bank Bukopin selama 1-10 Oktober 2019 melakukan serangkaian kegiatan Tanggung Jawab Sosial (Social Responsibilities) yang dikonsentrasikan di Kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Program USR (Union Social Responsibility) SP KB Kookmin Bank dan CSR (Corporate Social Responsibility) Bank Bukopin tersebut melibatkan secara langsung 140 karyawan KB Kookmin Bank dan 40 karyawan Bank Bukopin untuk berkolaborasi membangun sarana perpustakaan, perbaikan asrama pondok pesantren, pembangunan dan peremajaan sarana pendidikan di SD Cijunjung 03 dan SDIT Nurul Hady, Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Dalam program tersebut SP KB Kookmin Bank memberikan donasi berupa gedung perpustakaan yang dibangun di Kompleks Pondok Pesantren Darus Saadah, Sentul. Selain itu, bank asal Korea Selatan itu menyumbangkan sejumlah perangkat komputer, 1.000 unit buku bacaan, serta sejumlah alat￾alat pendukung pendidikan untuk dibagikan kepada para siswa SD di lingkungan Sentul.

Darus Saadah merupakan pondok pesantren yang berada di bawah naungan Yayasan Baitul Maal Bukopin. Gedung perpustakaan yang diberi nama KB Library tersebut secara keseluruhan memiliki bangunan seluas 250 m2, terdiri dari ruang perpustakaan, ruang komputer, dan ruang belajar Bahasa Korea.

Peresmian gedung perpustakaan dilakukan pada Rabu, 2 Oktober 2019 dengan dihadiri oleh Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor A. Luthfi Syam, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Entis Sutisna, Ketua Serikat Pekerja KB Kookmin Bank Park Hong Bae, Managing Director KB Kookmin Bank Chang Soo Choi, Komisaris Bank Bukopin Karya Budiana, Direktur Perencanaan dan Keuangan Bank Bukopin M. Rachmat Kaimuddin, Direktur Kepatuhan Bank Bukopin Hari Wurianto, Direktur Bank Bukopin Jong Hwan Han, Dirut Bank Syariah Bukopin Jeffry Nelwan, Dirut Bukopin Finance Tri Djoko Roesiono, serta sejumlah pejabat lainnya.

Komisaris Bank Bukopin Karya Budiana mengatakan, program social responsibility ini merupakan wujud sinergi konkret antara KB Kookmin Bank dan Bank Bukopin untuk bersama memajukan pendidikan di Indonesia. “Sinergi ini membuktikan bahwa persaudaraan dan solidaritas sesungguhnya tidak
mengenal sekat-sekat negara, bangsa, ataupun agama,” ujarnya hari ini.

Program CSR SP KB Kookmin Bank-Bank Bukopin difokuskan pada kegiatan peningkatan kualitas pendidikan berikut sarana penunjangnya dalam bentuk sebagai berikut:

  1. Pembangunan Sarana Perpustakaan dan Laboratorium Multimedia di area Ponpes Darus Sa’adah, Sentul, Bogor.
  2. Renovasi bangunan dan fasilitas sekolah di beberapa Sekolah Dasar dan Yayasan yang terdapat di wilayah Kabupaten Bogor, yaitu:
    a. Asrama Pondok Pesantren Darus Sa’adah, desa Babakan Madang.
    b. Sekolah Dasar Negeri Cijujung 03, desa Babakan Madang.
    c. SDIT Nurul Hady, desa Babakan Madang.
  3. Pengadaan perangkat komputer dan Buku Pendidikan dan pengetahuan di ponpes dan sekolah di wilayah tersebut.
  4. Literasi dan pertukaran budaya Korea Selatan bersama anak-anak usia sekolah.

Sebagai bagian dari kegiatan CSR Bank Bukopin, karyawan perseroan terlibat aktif dalam kegiatan fisik finishing dan perawatan bangunan sekolah dan ponpes, kegiatan belajar mengajar dan pengembangan kewirausahaan di wilayah ponpes dan sekolah.

“Salah tujuan utama dari kegiatan CSR ini untuk meningkatkan kesadaran karyawan akan pentingnya melakukan kegiatan bina lingkungan dan kesadaran untuk berbagi kepada sesama,” lanjut Karya Budiana.

Dia menambahkan, melalui kegiatan CSR tersebut diharapkan juga dapat meningkatkan semangat kebersamaan antara Bank Bukopin dengan KB Kookmin Bank di tingkat karyawan. Ke depannya, Bank Bukopin akan terus meningkatkan program CSR sebagai kegiatan rutin dan berkelanjutan bagi perusahaan, sebagai bagian dari tanggung jawab Perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat. (*)

Related Posts

News Update

Top News