KB Financial Group Korea Dorong KB Bukopin Menuju Perbankan Digital

KB Financial Group Korea Dorong KB Bukopin Menuju Perbankan Digital

KB Financial Group Korea Dorong KB Bukopin Menuju Perbankan Digital
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta— Perusahaan raksasa keuangan asal Korea, KB Financial Group melalui KB Kookmin Bank akan mendorong PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bukopin) untuk melakukan transformasi menuju perbankan digital.

Deputy President Director KB Bukopin Robby Mondong menyebut, KB Bukopin akan segera memiliki kemampuan layanan perbankan digital dengan daya saing yang sangat tinggi melalui sinergi dengan jaringan perusahaan afiliasi KB Financial Group.

Selain bank, lanjutnya, jenis perusahaan terafiliasi dalam KB Financial Group yang bisa bersinergi dengan KB Bukopin dalam memberikan layanan perbankan digital antara lain adalah perusahaan sekuritas, asuransi, kartu kredit, investasi keuangan, maupun perusahaan sistem data dan informasi kredit.

“Dengan memanfaatkan jaringan perusahaan afiliasi dalam KB Financial Group yang sangat besar, kami berharap KB Bukopin akan dapat melakukan lompatan besar menuju era perbankan digital,” katanya dikutip 10 Desember 2022.

Menurutnya, KB Financial Group merupakan pemain utama dalam industri jasa keuangan berbasis digital di Korea. Perusahaan ini diyakini mampu memenuhi kebutuhan konsumen dengan memanfaatkan teknologi digital yang inovatif.

Oleh karena itu, melalui proses transfer teknologi dan sistem manajemen yang lebih baik, KB Financial Group akan menjadikan KB Bukopin sebagai bank dengan kemampuan layanan digital yang andal dan bertaraf internasional.

Robby berpendapat, keberadaan KB Financial Group melalui KB Kookmin Bank sebagai pemegang saham utama dapat menjadikan KB Bukopin memiliki permodalan yang lebih kuat, terutama setelah right issue yang akan dilaksanakan di awal 2023.

“Rencana KB Financial Group untuk memperbaiki dan memperkuat kinerja KB Bukopin melalui aksi penambahan modal oleh KB Kookmin Bank dengan skema rights issue telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Kantor Pusat KB Bukopin tanggal 30 November 2022,” sambungnya.

Dengan total aset mencapai US$560,1 miliar dan didukung oleh basis pelanggan yang mencapai 70% populasi di Korea, KB Financial Group mempunyai daya dukung yang sangat besar untuk mendorong perkembangan dan kemajuan KB Bukopin.

“Apalagi, KB Financial Group memiliki reputasi yang sangat baik dengan peringkat kredit tertinggi di antara bank-bank Korea, serta dikenal sebagai entitas bisnis keuangan yang paling menguntungkan, solid, dan stabil,” terangnya.

Rencananya, penambahan modal KB Bukopin tersebut akan dilakukan melalui Penawaran Umum Terbatas (PUT VII) dengan skema Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue dengan menerbitkan saham baru seri B sebanyak-banyaknya 120 miliar lembar saham.

Melalui penambahan modal itu, KB Bukopin akan mendapat suntikan dana segar yang berguna untuk menjaga kecukupan modal sekaligus mendukung ekspansi bisnis yang berkelanjutan.

Robby menambahkan, KB Bukopin akan tetap konsisten dalam pengembangan bisnis terutama pada segmen SME dan ritel. Dalam jangka menengah, pengembangan digitalisasi TI akan membuat pertumbuhan bisnis Bank KB Bukopin akan semakin stabil dan mengarah ke profitabilitas yang berkesinambungan. (*) Edited

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]