KB Bukopin Gelontorkan Kredit Rp309 Miliar untuk Pengadaan Bus Elektrik & SPKLU

KB Bukopin Gelontorkan Kredit Rp309 Miliar untuk Pengadaan Bus Elektrik & SPKLU

Jakarta – Bank KB Bukopin terus mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya dengan mengedepankan prinsip keberlanjutan yang sejalan dengan pilar environment, social, and governance (ESG).

Hal ini dilakukan perseroan dengan memacu laju portofolio hijau yang bergerak di sektor energi terbarukan, produk eko-efisien, serta transportasi ramah lingkungan atau (electric vehicle/EV)

Bukti nyata yang dilakukan Bank KB Bukopin ialah dengan memberikan fasilitas kredit senilai US$20 juta, atau lebih dari Rp309 miliar kepada PT Energi Makmur Buana (INVI), yang merupakan anak usaha dari PT Indika Energy.

Fasilitas kredit tersebut diberikan untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik komersial nasional, di antaranya dengan pengadaan electric bus untuk Trans Jakarta, termasuk pembiayaan untuk pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Baca juga: Di Konser SMTOWN, KB Bukopin Berhasil Akuisisi Nasabah Baru Lewat Mobile Banking KBstar

Penandatanganan surat persetujuan pemberian fasilitas kredit dilakukan oleh Kepala Divisi Bisnis Wholesale PT Bank KB Bukopin, Feisel Martha bersama President Director PT Energi Makmur Buana, Andreas Justiabel di Kantor Pusat Bank KB Bukopin.

Perjanjian fasilitas antara Bank KB Bukopin dengan INVI tersebut memiliki jangka waktu hingga dua belas bulan sejak tanggal penandatanganan tersebut berlangsung.

Wakil Direktur Utama Bank KB Bukopin Robby Mondong mengatakan, Bank KB Bukopin memiliki komitmen yang sama untuk mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. 

Menurutnya, kemitraan dengan INVI sebagai anak perusahaan Indika Energy merupakan langkah yang signifikan dan selaras dengan komitmen pemerintah untuk menciptakan green mobility dengan mengadopsi teknologi menuju netral karbon.

“Kami percaya dengan ikut aktif dalam pembiayaan berbasis ESG, dapat memberikan dorongan untuk mendukung transisi Indonesia menuju ekonomi berkelanjutan, mendorong inovasi teknologi dan menciptakan lapangan kerja baru di sektor ini,” ujar Robby dalam keterangannya dikutip 3 Oktober 2023.

Menurut Robby, pembiayaan hijau mempunyai potensi yang besar di Indonesia dan akan meningkat sejalan dengan tumbuhnya perekonomian secara umum, maupun ekosistem ekonomi hijau secara khusus.

“Terlebih Pemerintah sebagai regulator memberikan dukungan penuh bagi perbankan untuk menyalurkan kredit hijau tersebut. Kami berharap kemintraan dengan PT Energi Makmur Buana dapat mengakselerasi pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Kehadiran INVI di Indonesia tidak hanya dari sisi distributor kendaraan listrik komersial, namun juga sebagai Seamless EV experience,” sambungnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Energi Makmur Buana, Andreas Justiabel meyakini bahwa kerja sama ini akan berkontribusi positif terhadap ekonomi Indonesia sekaligus mendukung inisiatif pemerintah untuk mempercepat ekosistem kendaraan listrik sehingga menghadirkan masa depan mobilitas kendaraan komersial lokal yang ramah lingkungan.

“INVI mencerminkan semangat kami untuk menghadirkan masa depan mobilitas kendaraan komersial lokal yang lebih ramah lingkungan. Kami bertekad untuk menghadirkan produk melalui solusi yang inovatif dengan memahami kebutuhan konsumen Indonesia,” jelas Andreas.

Baca juga: Ini Dia KBstar, Mobile Banking KB Bukopin yang Diklaim Super Lengkap

Komitmen Bank KB Bukopin untuk meningkatkan alokasi pembiayaan berkelanjutan sejalan dengan nilai-nilai KB Financial Group dan KB Kookmin Bank sebagai pemegang saham pengendali KB Bukopin, yang merupakan leader pembiayaan berbasis ESG di Korea Selatan.

Penandatanganan fasilitas kredit senilai lebih dari Rp309 miliar ini juga dihadiri oleh jajaran direksi dan manajemen Bank KB Bukopin, yakni Direktur UKM & Bisnis Wholesale  Yohanes Suhardi, Kepala Departemen Pinjaman Wholesale Yupiter Simbolon, dan Manajer Pinjaman Wholesale Donny Maliki.

Sementara dari PT Energi Makmur Buana dihadiri Legal Manager PT Energi Makmur Buana Taufik Susilo dan Marketing Staff PT Energi Makmur Buana Siska Amalia Bustomi. (*)

Related Posts

News Update

Top News