KB Bank Salurkan Kredit Rp123 Miliar ke BPR Modern Express

KB Bank Salurkan Kredit Rp123 Miliar ke BPR Modern Express

Jakarta— Selain berperan aktif sebagai penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR), kali ini KB Bank berkolaborasi dengan PT BPR Modern Espress dalam skema Linkage (kemitraan) Program.

Kemitraan ini ditandai dengan seremoni penandatangan fasilitas kredit olehWakil Direktur Utama KB Bank Robby Mondong dan Direktur Utama BPR Modern Express Freddijoe Wunas yang diadakan di Kantor Pusat KB Bank pada Kamis, (30/5/2024). 

Robby Mondong mengatakan, tujuan Linkage Program tidak hanya untuk meningkatkan porsi pembiayaan, tetapi juga akan meningkatkan penetrasi dan  diversifikasi pembiayaan KB Bank di sektor UMKM dan consumer financing.

“BPR Modern Express akan menerima pembiayaan dengan skema executing. Kemudian BPR Modern Express meneruskannya kepada nasabah sebagai end user untuk memenuhi kebutuhan modal usaha dan kebutuhan lainnya,” ujar Robby, Kamis (30/5/2024).

Baca juga: Gandeng APP Indonesia, KB Bank Teken Kerja Sama Pembiayaan Vendor

Robby menyebut, kolaborasi ini sejalan dengan rencana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memperkuat sekaligus menyehatkan industri BPR ke depan. Melalui kerja sama Linkage Program ini, KB Bank berkomitmen menyalurkan limit fasilitas pembiayaan sebesar Rp123 miliar.

Pendanaan itu sebagai solusi pinjaman untuk memperkuat distribusi  kredit BPR kepada ceruk pasar yang spesifik yaitu segmen PNS/Pensiunan dan UMKM.

“Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan BPR Modern Express yang berhasil melakukan konsolidasi dan merger sehingga menjadi salah satu yang terbesar secara nasional. Kami berharap fasilitas linkage program dengan skema executing ini dapat mendukung bisnis BPR yang serta menjaga pertumbuhan positif kinerja kredit KB Bank,” kata Robby.

Dengan kolaborasi antara bank BPR Modern Express dan KB Bank dapat memberikan implikasi iklim bisnis yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. Menurut Robby, kerja sama KB Bank dengan BPR Modern Express, diharapkan tidak berhenti sampai Fasilitas Executing saja. 

Baca juga: Rasio Kredit Berisiko KB Bank Ditekan hingga di Bawah 27 Persen, Ini Kunci Penentunya

“Kami akan menjajaki skema kerjasama secara ekosistem melalui transaksional dan solusi cash management. Melalui kerj sama ini diharapkan akan tercipta sinergi yang lebih besar, lebih inklusif dan lebih terintegrasi antara KB Bank dan bank BPR Modern Express”, tambah Robby.

Sebagai bagian lembaga keuangan nomor wahid di Korea Selatan KB Financial Group, Komitmen KB Bank untuk meningkatkan pembiayaan UMKM sejalan dengan pemenuhan komitmen terhadap Rasio Pembiayaan Inklusif Makroprudensial (RPIM). (*)

Related Posts

News Update

Top News