Kasus Covid-19 Pasca Idul Fitri Diprediksi Masih Naik Hingga Akhir Juni

Kasus Covid-19 Pasca Idul Fitri Diprediksi Masih Naik Hingga Akhir Juni

Menkes Minta Pemda Perkuat Prokes Usai Libur Panjang
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Berkaca dari pengalaman sebelumnya, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin memperkirakan tren kenaikan kasus Covid-19 masih akan terus terjadi. Puncaknya sekitar 5 sampai 7 minggu setelah libur Idul Fitri.

“Jadi kemungkinan kenaikan kasus diperkirakan akan sampai puncaknya di akhir bulan Juni,” ujar Menkes Budi pada keterangan persnya beberapa waktu lalu.

Menkes Budi mengingatkan agar setiap daerah bersiaga dengan potensi kenaikan kasus Covid-19. Sebagai informasi, keterisian tempat tidur beberapa waktu lalu sempat menyentuh di titik terendah sekitar 20 ribu, namun sekarang sudah naik sekitar 25 ribu tempat tidur yang terisi, atau naik sekitar 20% sampai 25%.

Kemudian, Kementerian Kesehatan juga melaporkan total vaksinasi sudah tembus 27 juta dosis. Angka vaksinasi harian juga sudah menyentuh angka 500 ribu dosis per hari.

“Bulan ini kita memiliki stok vaksin sekitar 20 juta. Jadi kalau dibagi 30 hari mampu lah kita menyuntik sebanyak 500 ribu sampai 650 ribu setiap hari. Saya minta ke seluruh gubernur, bupati, walikota untuk segera mempercepat program vaksinansinya,” ucap Budi.

Ia juga menekankan agar setiap masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan 3M. Vaksinasi bukan berarti kebal dari Covid-19, melainkan harus tetap waspada. (*) Evan Yulian Philaret

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]