KAI Dongkrak Pariwisata dan Produk UMKM Yogyakarta

KAI Dongkrak Pariwisata dan Produk UMKM Yogyakarta

KAI Dongkrak Pariwisata dan Produk UMKM Yogyakarta
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Sektor pariwisata nasional terus menunjukkan pemulihan sejalan dengan kondisi perekonomian yang terus membaik pasca pandemi Covid-19. PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI juga turut berpartisipasi dalam mendorong pemulihan ekonomi salah satunya dengan mendongkrak sektor pariwisata dan juga UMKM.

Sejumlah kegiatan dilakukan oleh KAI sebagai upaya untuk mendongkrak pariwisata dalam negeri. Salah satu upaya yang dilakukan KAI adalah melalui kegiatan bersepeda menempuh jarak 100 km mengelilingi Yogyakarta dengan titik start dan finish di Plataran Candi Prambanan, yaitu KAI 100K 2022. Kegiatan ini dilakukan untuk menghidupkan kembali pariwisata Yogyakarta yang sempat lumpuh.

Dalam kegiatan ini, PT KAI juga melibatkan UMKM binaan menjajakan produk makanan dan fasilitas pendukung bagi para peserta. Secara tidak langsung, KAI turut membantu dalam memasarkan produk-produk UMKM agar semakin dikenal oleh banyak masyarakat dan juga para wisatawan yang datang mengunjungi daerah wisata yang dikenal sebagai kota gudeg atau kota pelajar.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap agar masyarakat bisa secara langsung merasakan manfaat hadirnya KAI. KAI berkomitmen, terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan sebagai bagian dari hadirnya BUMN untuk Indonesia,” ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangannya dikutip 24 September 2022.

Para peserta tidak hanya datang dari Yogyakarta, tapi juga dari berbagai kota besar lainnya, seperti Semarang, Jakarta, Surabaya. KAI menyediakan kemudahan bagi para pelanggan yang ingin membawa sepeda dengan jarak yang jauh dan mempersilakan pelanggan membawa sepeda lipat dengan diameter roda maksimal 22 inchi. KAI juga menyediakan alternatif angkutan melalui anak perusahaan KAI yaitu KAI Logistik.

Masyarakat Yogyakarta semakin dimudahkan dengan kehadiran KRL Yogyakarta-Solo dan KA Bandara YIA. Mereka dapat membawa sepeda lipat dengan berat berat 20 kilogram dengan dimensi 100 cm x 40 cm x 30 cm.

“Melalui event KAI 100K 2022 ini, KAI mendukung kegiatan olahraga terutama bersepeda. Para peserta akan menyusuri keindahan Yogyakarta salah satunya Candi Prambanan dan wisata Lava Bantal. KAI berterima kasih kepada semua pihak sehingga acara KAI 100K 2022 ini dapat terlaksana,” ungkap Didiek Hartantyo.

Sebanyak 1.000 peserta berpartisipasi dalam event KAI 100K 2022 ini. Para peserta terdiri dari berbagai komunitas pesepeda dan masyarakat umum yang datang dari berbagai Kota di Indonesia. Hadir juga pada kegiatan tersebut, Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto, Wakapolda DIY Brigjen Pol R Slamet Santoso, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, dan lainnya.

“Penyelenggaraan KAI100K ini merupakan salah satu upaya KAI untuk menjadi lebih dekat dengan para pecinta sepeda, yang mana mereka juga merupakan bagian dari pengguna jasa KAI,” kata Didiek.

Kegiatan KAI 100K 2022 ini merupakan serangkaian kegiatan menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-77 KAI yang jatuh pada 28 September 2022. Event KAI 100K 2022 Fun, Healthy and Charity tidak hanya mengajak peserta untuk bersepeda, tapi KAI juga memberikan bantuan CSR. Bantuan yang diberikan berupa sarana penunjang belajar yaitu 3 set laptop dan proyektor bagi 3 sekolah dasar yang dilalui peserta yaitu SD Margo Mulyo, SD Blumbang, dan SD Nglahar.

Selain itu, pada acara KAI 100K 2022 ini, KAI juga menyerahkan bantuan 170 bibit pohon untuk Desa Blumbang, Kabupaten Sleman. Bibit pohon tersebut, diharapkan dapat lebih menghijaukan Desa Blumbang yang saat ini menyimpan banyak potensi wisata. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]