Jurus Yamada Best Garap Pasar Ritel Elektronik di Indonesia

Jurus Yamada Best Garap Pasar Ritel Elektronik di Indonesia

Jakarta –  Tak bisa dipungkiri, persaingan industri ritel elektronik di Indonesia semakin ketat. Banyak pemain besar, baik retailer lokal maupun asing yang menggarap sektor ini. Hal tersebut disadari betul oleh Yamada Best, salah satu retailer elektronik asal Jepang, yang mulai ‘menapakkan kaki’ ke Indonesia sejak 2021 ini.

Untuk tetap bisa bersaing, Yamada Best Indonesia telah memiliki jurus tersendiri. Mereka secara masif akan melakukan ekspansi toko retail di Indonesia. Tak hanya di kota besar, tapi di sejumlah daerah pelosok di Indonesia jadi target untuk melebarkan sayap bisnis Yamada Best.   

“Strategi yang sekarang kami diterapkan adalah ingin terus berekspansi di sejumlah daerah di Indonesia dan kami harapkan toko di daerah juga bisa jadi pangsa pasar yang besar,” ungkap Yamada, Chairman Yamada Holding dalam konferensi pers Yamada Best di Summarecon Mal Serpong, Gading Serpong, Tangerang, Selasa, 11 Juli 2023.

Baca juga: Mitra Investindo Jajal Peluang Bisnis Energi Terbarukan

Sejauh ini, kata Yamada, Yamada Best Indonesia telah memiliki delapan gerai elektronik yang tersebar di Jakarta, Tangerang dan Bekasi. Selama 2024 hingga 2025, Yamada Best telah menargetkan akan membuka store di sejumlah daerah di Tanah Air.

“Target kami hingga 2024 ini, adalah 10 store Yamada Best di Indonesia, di 2025 Jabodetabek adalah target berikutnya,” jelas Yamada.

“Kami juga mempertimbangkan untuk membuka toko pinggir jalan mandiri selain toko di mal pada akhir tahun fiskal 2024,” tambahnya.

Terbaru, Yamada Best hadir di Summarecon Mal Serpong (SMS) Gading Serpong, Tangerang. Sejak dibuka pada 23 Juni 2023, kehadirannya telah mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap penjualan.

“Penjualannya meningkat tiga kali lipat. Dengan menghadirkan jajaran produk yang telah berlipat disbanding sebelumnya. Kami mengubah strategi kami dari “hanya elektronik konsumen” menjadi “Total Living” dan dengan strategi itu, kami telah menetapkan landasan untuk memperluas pangsa pasar domestik,” ungkapnya.

Baca juga: Tambah Fasilitas Baru, Kapasitas Produksi SBMA Bisa Naik 5 Kali Lipat

Hanya saja, ketika ditanya mengenai target penjualan selama 2023, Yamada belum bisa memberikan jawaban pasti. Kembali lagi, dia mengatakan, saat ini berusaha untuk fokus melebarkan sayap bisnisnya dengan getol melakukan ekspansi.

“Untuk penjualan, secara kongkret saya belum bicara secara angka, karena kami sambil terus ekspansi dan melihat hasil aktualnya dulu,” ungkapnya.

Yamada Best Indonesia sendiri adalah pemain retail elektronik yang menawarkan sejumlah produk elektronik untuk kebutuhan rumah tangga. Tak hanya brand asal Negeri Sakura, sejumlah brand elektronik dari berbagai negara juga tersedia di tempat ini. (*)

Related Posts

News Update

Top News