Jurus Allianz Indonesia Edukasi Literasi Keuangan bagi ‘Emak-Emak’ di Batam 

Jurus Allianz Indonesia Edukasi Literasi Keuangan bagi ‘Emak-Emak’ di Batam 

Jakarta – Allianz Indonesia terus konsisten melakukan edukasi dan literasi kepada masyarakat, khususnya Ibu Rumah Tangga (IRT) alias emak-emak mengenai pentingnya mengelola keuangan. Salah satunya, melakukan kegiatan Literasi Keuangan dan Asuransi di Desa Wisata Kampung Bakau Serip Batam, Kepulauan Riau.

Head of Agency Sales Allianz Life Indonesia Erlina mengatakan, Allianz Indonesia terus konsisten melakukan edukasi dan literasi kepada masyarakat mengenai pentingnya mengelola keuangan. 

“Para Ibu biasanya menjadi pengelola utama, bahkan seringkali harus membuat keputusan keuangan yang tepat untuk kepentingan keluarga,” kata Head of Agency Sales Allianz Life Indonesia Erlina saat menjadi pemateri di acara tersebut, dikutip Kamis, 15 Januari 2024. 

Baca juga : OJK dan BPS Rilis Indeks Literasi Keuangan RI Capai 65,43 Persen di 2024

Oleh sebab itu, pihaknya senantiasa mendukung upaya meningkatkan pemahaman dan kemampuan masyarakat dalam mengelola keuangan, serta memahami pentingnya perlindungan asuransi untuk kehidupan yang lebih sejahtera ke depannya.

Dalam acara tersebut, materi literasi dibuka dengan memahami piramida pengelolaan keuangan berdasarkan skala prioritas pencatatan keuangan (uang masuk dan uang keluar) dan persiapan dana darurat, memahami tujuan perencanaan keuangan dan cara mencapainya, langkah-langkah melakukan pengelolaan dan pencatatan keuangan sederhana, sampai memilah antara kebutuhan dan keinginan.

Setelah itu, para ibu peserta literasi diajak untuk memahami mengenai pentingnya perlindungan asuransi, sebagai salah satu komponen penting dalam perencanaan keuangan. 

Baca juga : OJK dan BPS Rilis Indeks Literasi Keuangan RI Capai 65,43 Persen di 2024

Kemudian materi dilanjutkan dengan memahami lebih lanjut mengenai utang atau pinjaman agar dapat dimanfaatkan sebagai penunjang kegiatan produktif, serta tips agar tidak terjerat pinjaman yang berlebihan dan merugikan. 

Adapun, sesi literasi ditutup dengan pemaparan mengenai investasi secara sederhana, agar para Ibu dapat memahami mengembangkan kekayaan sesuai dengan tujuan investasi dan profil risiko masing-masing.

Berdasarkan data Proyeksi Sensus Penduduk 2020, Badan Pusat Statistik Kota Batam, penduduk berjenis kelamin perempuan di tahun 2023 berjumlah lebih dari 620 ribu jiwa, dengan 70,7 persen dari total penduduk perempuan tersebut, berusia 15-64 tahun atau usia produktif. 

Sedangkan menurut Survei Sosial Ekonomi Nasional Maret 2023, Badan Pusat Statistik Kota Batam, 63 persen dari perempuan berusia 15-49 tahun berstatus menikah. 

Peran perempuan sebagai perencana dan pengelola keuangan keluarga, serta penentu beberapa keputusan strategis menyangkut urusan keuangan, menjadi salah satu hal yang menjadi perhatian berbagai pihak dalam rangka meningkatkan literasi dan pemahaman terkait keuangan. 

Allianz Indonesia sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan, menyampaikan materi literasi keuangan dan asuransi untuk mendukung upaya tersebut, salah satunya untuk para Ibu rumah tangga. (*)

Editor : Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News