Jokowi Reshuffle Kabinet Pagi Ini, Berikut Daftar Menteri yang Diganti

Jokowi Reshuffle Kabinet Pagi Ini, Berikut Daftar Menteri yang Diganti

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Widodo) akan melakukan reshuffle kabinet hari ini, Senin, 19 Agustus 2024. Adapun pelantikan dijadwalkan mulai pukul 09.30 WIB di Istana Negara, Jakarta.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, ada sejumlah menteri dan kepala badan yang akan dilantik Presiden Jokowi. Di antaranya Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Menteri investasi, tambahan wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Selain itu, Jokowi juga akan melantik Kepala Badan Gizi Nasional, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, dan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Baca juga: Dirgahayu RI ke-79: TPPU Langgeng, Ribuan Triliun Rupiah Cus ke Luar Negeri  

“Reshuffle kabinet diperlukan demi transisi ke pemerintahan selanjutnya di bawah Presiden terpilih RI Prabowo Subianto, agar berjalan dengan baik, lancar dan efektif,” ujar Ari dalam keterangannya dikutip 19 Agustus 2024.

Sebelumnya, sejumlah nama dikabarkan akan menduduki posisi menteri pada reshuffle kabinet Jokowi.  Pertama, ada politisi Partai Gerindra Supratman Andi Agtas yang dikabarkan akan menggantikan posisi Yasonna Laoly menjadi Menkumham. 

Baca juga: Segini Uang Pensiun Jokowi Usai Lengser dari Jabatan Presiden, Nilainya 6 Kali Lipat Gaji Ketua DPR

Kemudian, Bahlil Lahadalia dikabarkan menjadi Menteri ESDM menggantikan Arifin Tasrif. Posisi Bahlil saat ini, akan digantikan oleh Rosan Roeslani, Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Selanjutnya, ada nama Dadan Hindayana dikabarkan akan menjabat sebagai Kepala Badan Gizi Nasional. Diketahui, Badan Gizi Nasional baru saja dibentuk melalui Peraturan Presiden (Perpres) nomor 83 tahun 2024 yang diundangkan pada 15 Agustus 2024. (*)

Related Posts

News Update

Top News