Jokowi Pastikan Penyaluran BLT El Nino Rp400 Ribu Berjalan Lancar

Jokowi Pastikan Penyaluran BLT El Nino Rp400 Ribu Berjalan Lancar

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan penyaluran BLT El Nino melalui kantor pos maupun bank berjalan dengan lancar. Penyaluran BLT El Nino senilai Rp400 ribu tersebut telah dimulai sejak 13 Desember 2023 lalu. 

“Saya sudah mengecek mengenai pembagian BLT El Nino dan saya lihat semuanya lancar sudah menerima semuanya,” kata Jokowi dalam siaran tertulis, saat menyerahkan bantuan BLT El Nino di Kantor Pos Manado, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Kamis, 28 Desember 2023.

Jokowi juga memastikan bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) sejumlah 10 kg setiap bulannya juga telah tersalurkan dengan baik kepada para penerima manfaat.

Baca juga: Cara Cek Penerima dan Pencairan BLT El Nino Rp400 Ribu, Klik Linknya di Sini!

“Dimulai September, Oktober, November, Desember, sudah diterima semuanya, saya kira sudah berjalan baik,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, BLT El Nino sendiri bertujuan membantu keluarga tidak mampu di tengah kemarau panjang. Adapun bantuan yang diberikan senilai Rp200 ribu/bulan untuk November dan Desember tersebut, disalurkan dengan mekanisme rapel. 

Pencarian BLT El Nino sendiri dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi di Pekalongan, Jawa Tengah pada Rabu (13/12/2023).

Jokowi menekankan, BLT El Nino senilai Rp400 ribu tersebut agar dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti memenuhi kebutuhan gizi.

Baca juga: Sri Mulyani Guyur Rp10,19 Triliun untuk Tambahan Bansos

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa BLT tersebut akan diberikan selama dua bulan, yakni pada November-Desember 2023. Nantinya, penerima BLT mendapatkan Rp200 ribu per bulan.

Menurutnya, BLT El Nino diberikan untuk  meningkatkan daya beli masyarakat kurang mampu di tengah kemarau panjang. Adapun anggaran yang disiapkan sebesar Rp7,52 triliun yang ditunjukan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News