Jokowi: Nilai Perdagangan Australia di ASEAN Lebih Tinggi Dibanding AS dan Jepang

Jokowi: Nilai Perdagangan Australia di ASEAN Lebih Tinggi Dibanding AS dan Jepang

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa Australia memiliki nilai perdagangan yang tinggi di kawasan ASEAN, dibandingkan dengan Amerika Serikat (AS) dan Jepang.

Presiden menuturkan, Australia bukan hanya sekadar tetangga dari kawasan ASEAN melainkan mitra strategis yang luas, sekaligus sebagai penghubung dengan kawasan pasifik.

Baca juga: Australia Bakal Investasi USD95,4 juta di ASEAN, Apa Saja Sektornya?

“ASEAN merupakan mitra dagang penting Australia dengan nilai perdagangan lebih tinggi dibanding dengan AS dan Jepang. Sehingga apa pun yang terjadi di Indonesia-Pasifik akan berdampak besar bagi Australia maupun ASEAN,” ujar Jokowi dalam KTT ASEAN ke-20 ASEAN-Australia, Kamis 7 September 2023.

Presiden melanjutkan, untuk itu ASEAN dan Australia sama-sama memiliki kepentingan strategis dan tanggung jawab untuk menjadikan Indo-Pasifik sebagai pusat pertumbuhan ekonomi.

“ASEAN sangat menghargai dukungan Australia terhadap ASEAN Outlook on the Indo-Pasifik, serta partisipasi aktif Australia dalam ASEAN Indo-Pacific Forum (AIFP), terutama peran aktif PM Albanese,” tegas Jokowi.

Baca juga: KTT ASEAN Hasilkan 93 Kerja Sama Proyek Strategis, Segini Nilainya

Sehingga tahun ini, kata Jokowi, dengan prinsip inklusif ASEAN akan menjalin kerja sama dengan Indian Ocean Rim Association dan Pacific Island Forum.

“ASEAN juga berkomitmen untuk terus menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dengan Australia,” pungkasnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News