Jelang Libur Panjang, Tetap Waspada dari Droplet

Jelang Libur Panjang, Tetap Waspada dari Droplet

Libur panjang sudah di depan mata, kewaspadaan tetap harus dilakukan dan jangan sampai lengah sedikitpun. Protokol kesehatan diabaikan, resiko Covid19 bisa semakin besar.

Seperti diketahui, penyebaran utama COVID-19 adalah melalui droplet, yaitu cipratan liur berukuran sangat kecil yang bisa menyebar saat sedang berbicara, bersin, atau batuk.

Untuk menghindari droplet yang sudah terkontaminasi virus corona memasuki tubuh kita melalui mulut, hidung, atau mata, maka protokol kesehatan tetap diutamakan saat libur panjang.

Berikut beberapa hal yang perlu diwaspadaai yakni:

Sebisa mungkin hindari kontak dengan orang yang sedang sakit. Saat sakit tetap gunakan masker, tetap tinggal di rumah atau segera ke fasilitas kesehatan yang
sesuai, jangan banyak beraktivitas di luar.

Selain itu, tutupi mulut dan hidung saat batuk atau bersin dengan tisu. Buang tisu pada tempat yang telah ditentukan. Bila tidak ada tisu, lakukan sesuai etika batuk-bersin.

Kita juga harus selalu bersihkan dan lakukan disinfeksi secara rutin permukaan dan benda yang sering disentuh.

Jangan lupa menggunakan masker adalah salah satu cara pencegahan penularan penyakit saluran napas, termasuk infeksi COVID-19. Akan tetapi penggunaan masker saja masih kurang cukup untuk melindungi seseorang dari infeksi ini, karenanya harus disertai dengan usaha pencegahan lain.

Pengunaan masker harus dikombinasikan dengan hand hygiene dan usaha-usaha pencegahan lainnya, misalnya tetap menjaga jarak. (*)

Related Posts

News Update

Top News