Jaga Jarak Kurangi Risiko Penyebaran Covid-19 Hingga 85%

Jaga Jarak Kurangi Risiko Penyebaran Covid-19 Hingga 85%

Jakarta – Protokol kesehatan menjadi mutlak untuk menghentikan penyebaran covid-19, salahsatunya dengan menerapkan 3M yakni Menjaga Jarak, Mencuci Tangan dengan sabun, serta Memakai Masker.

Ketua Bidang Informasi dan Data Satgas Covid-19 Dewi Nur Aisyah menjelaskan bila ketiganya diterapkan bakal menghambat 99,9% penularan Covid-18. Dewi juga menyebut bahwa menjaga jarak akan mengurangi risiko penularan paling tinggi hingga 85%.

“Kalau dikombinasikan dengan menjaga jarak bisa menurunkan risiko sampai 85% . Kalau semua dilakukan bersama dan secara kolektif dapat mengurangi risiko penularan sampai 99,9%” kata Dewi melalui kanal Youtube BNPB Indonesia, Kamis, 29 Oktober 2020.

Dewi melanjutkan, dalam penerapan cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir juga bakal menurunkan risiko penularan 35%. Menurutnya kebiasaan ini harus diterapkan sejak dini khudunya pada anak anak.

Kemudian, yang terakhir ialah memakai masker. WHO dan Satgas Covid-19 menyarankan masyarakat untuk menggunakan kain 3 lapis. Dewi menjelaskan kain 3 lapis bisa menurunkan risiko sampai 45%. Sementara itu, memakai masker medis bisa menurunkan risiko penularan sampai 70%. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News