Categories: News UpdatePolitic

Irak Tolak Normalisasi Hubungan Dengan Israel

Baghdad – Perdana Menteri Irak Mustafa Khadhimi dengan tegas menolak permintaan normalisasi hubungan dengan Israel. Permintaan tersebut disampaikan oleh sebuah kelompok yang terdiri dari 300 pemimpin suku terkemuka dan mantan pejabat tinggi yang melakukan pertemuan du Irbil, Kurdistan, Irak.

Khadhimi bahkan menyebut pertemuan yang dilakukan para pemimpin dan mantan pejabat tinggi Irak itu sebagai pertemuan Ilegal. Pertemuan tersebut kabarnya di sponsori oleh kelompok advokasi dan penelitian bagi perdamaian Amerika, Center for Peace Communications yang diketuai oleh Joseph Braude. Braude, seperti dkutip dari VOA, mengatakan bahwa ia mendukung upaya bernai dari pemimpin dari enam provinsi Irak, yakni Baghdad, Anbar, Mosul, Salahadin, Babil dan Diyala.

Joseph Barude diketahui merupakan warga Yahudi Amerika. Keluarga Braude disebutkan lari dari Baghdad pada 1940an silam.

Seperti dikutip dari VOA dan media nasional Irak, tidak hanya Khadhimi, dua tokoh Irak lainnya, yakni Ketua Parlemen Mohammed Halbousi dan wakilnya, serta Presiden irak Barham Salih, juga menolak permintaan normalisasi tersebut.

Seorang analis Timur Tengah Paul Sullivan menilai hal itu bisa jadi merupakan petunjuk dari perkembangan masa depan atau indikasi berubahnya pandangan dari sebagian kalangan di Irak terhadap Israel. “Orang-orang Kurdi, selama ini lebih terbuka terhadap Israel dibandingkan populasi lain di Irak” terang Sullivan seperti dikutip dari VOA.

Namun, sejumlah pemimpin Kurdi diketahui belakangan justru telah mengubah sikapnya. Mereka mengklaim bahwa sejatinya terjebak, dalam arti tidak mengetahui maksud sebenarnya dari pertemuan tersebut. Penyelenggara pertemuan dinilai telah menyesatkan mereka yang hadir tentang niat dari pertemuan tersebut.

Sebelumnya, beberapa wilayah dikabarkan telah lebih dulu melakukan normalisasi hubungan dengan Israel melalui kesepakatan Ibrahim. Mereka adalah Uni Emirat Arab, Bahrain, Sudan dan Maroko.(*)

Apriyani

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

7 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

7 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

7 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

8 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

8 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

10 hours ago