IPB Ajak Investor Manfaatkan Penemuan Anak Bangsa

IPB Ajak Investor Manfaatkan Penemuan Anak Bangsa

IPB Ajak Investor Manfaatkan Penemuan Anak Bangsa
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Hingga tahun 2014, jumlah penemuan berbasis paten IPB mencapai 290 temuan. Sebanyak 69 di antaranya telah diakui. Dwitya Putra

Jakarta–Institut Pertanian Bogor (IPB) menawarkan inovasinya kepada para investor dan pengusaha agar dapat digunakan secara komersial untuk kemanfaatan bersama.

Rektor IPB, Herry Suhardiyanto pada pembukaan IPB Investment Summit mengatakan saat ini IPB menjadi perguruan tinggi penghasil inovasi terbesar di Indonesia.

“Hingga tahun 2014, jumlah penemuan berbasis paten IPB mencapai 290 temuan. Sebanyak 69 di antaranya telah
Granted (diakui). Selain itu, IPB juga telah mendaftarkan 13 Merek IPB, dimana 4 di antaranya telah granted,” kata Herry di Investment Summit Jakarta, Kamis, 3 September 2015.

Selama 7 (tujuh) tahun terakhir (2008-2014), tambah Herry, dari total 721 inovasi Indonesia paling prospektif yang dipilih oleh Business Innovation Center (BIC) sebanyak 278 inovasi (atau sekitar 38,56 %) merupakan karya inovatif yang dihasilkan oleh para inovator IPB.

Lebih lanjut Herry mengatakan, IPB berkomitmen dan berkeinginan kuat agar inovasi yang dimilikinya dapat diaplikasikan dan digunakan seluas-luasnya oleh masyarakat.

Untuk hal tersebut sejak tahun 2003, IPB telah mendirikan PT Bogor Life Science & Technology (BLST) sebagai holding company satuan usaha komersial IPB mengantarkan sains, teknologi dan inovasi yang dikembangkan IPB ke tataran komersial.

“BLST menjadi jembatan IPB ke dunia komersial agar inovasi-inovasi IPB lebih dapat dikenal dan digunakan oleh dunia usaha” jelas Herry.

Sekedar informasi, IPB Investment Summit adalah ajang mempertemukan potensial investor/pengusaha dengan IPB berkaitan dengan hasil penelitian yang siap diaplikasikan/digunakan secara komersial.

Pada IPB Investment Summit akan di presentasikan 4 cluster inovasi yaitu Food, Biomedicine, Feed dan
Biofertilizer dan Machinery dan Bioenergy.

IPB Investment Summit juga memberikan kesempatan kepada para calon potensial investor untuk melakukan presentasi dan mengajukan pertanyaan tentang bidang-bidang yang mereka inginkan di sektor mereka, khususnya berkaitan dengan pertanian dalam arti luas, dari hulu hingga hilir.

IPB Investment Summit adalah kerjasama antara IPB dengan Himpunan Alumni IPB (HA-IPB) dalam
rangka menyambut hari ulangtahun ke-52 IPB. (*)

Related Posts

No Content Available

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]