Intip Profil Hery Syafril, Direktur Utama Baru Bank Muamalat

Intip Profil Hery Syafril, Direktur Utama Baru Bank Muamalat

Jakarta – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk telah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2023 pada 27 Juni 2024 di Jakarta. Dalam RUPST tersebut, pemegang saham menyetujui pengangkatan Hery Syafril sebagai Direktur Utama Bank Muamalat.

Sosok Hery Syafril bukan orang baru dalam tubuh Bank Muamalat. Sebelum dipercaya sebagai direktur utama, pria kelahiran Medan pada 8 September 1969 ini merupakan Direktur Risiko Bisnis Pembiayaan Bank Muamalat sejak November 2022.

Sebelum berkarier di Bank Muamalat, sarjana akuntansi Universitas Indonesia dan Master of Business Administration dari IPMI International Business School ini sudah malang melintang di dunia perbankan.

Baca juga: Bank Muamalat Angkat Dirut dan Komut Baru, Ini Dia Sosoknya

Pada 2003, dia pernah menjabat sebagai Chief Financial Officer & Legal Entity Controller JP Morgan Indonesia – JP Morgan Chase Bank Jakarta Branch & PT JP Morgan Securities Indonesia.

Tujuh tahun berkarier di Morgan Securities Indonesia, Hery memutuskan untuk hijrah ke PT Bank Rabobank International Indonesia. Kala itu, dia dipercaya mengemban tugas sebagai Controller Bank Rabobank International Indonesia pada periode 2009-2012.

Pada 2012, Hery merapat ke PT Bank QNB Indonesia Tbk, sebagai CFO & Finance Director hingga tahun 2015. Kemudian, dia melabuhkan kariernya ke PT Bank Muamalat Indonesia pada 2015. Posisinya saat itu adalah Direktur Keuangan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk.

Tujuh tahun kemudian, dia diangkat sebagai Direktur Risiko Bisnis Pembiayaan PT Bank Muamalat dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 29 November 2022.

Tepat pada 27 Juni 2024, melalui RPUST Bank Muamalat Tahun Buku 2023, pemegang saham memutuskan untuk mengangkat Hery jadi orang nomor satu alias direktur utama bank syariah pertama di Indonesia tersebut. Hery menggantikan posisi direktur utama sebelumnya, yakni Indra Falatehan.

Selain itu, RUPST Bank Muamalat juga mengangkat Riksa Prakoso sebagai Direktur Operasional & SDM.

Baca juga: OJK Buka-bukaan Update Merger BTN Syariah dan Bank Muamalat

Dengan demikian, berikut susunan pengurus setelah RUPST:

Dewan Pengawas Syariah

Ketua : Sholahudin Al Aiyub
Anggota : Siti Haniatunnisa
Anggota : Agung Danarto

Dewan Komisaris

Komisaris Utama/Komisaris Independen : Amin Said Husni
Komisaris Independen : Sartono
Komisaris : Andre Mirza Hartawan

Direksi

Direktur Utama : Hery Syafril
Direktur Kepatuhan : Karno
Direktur : Riksa Prakoso.

Related Posts

News Update

Top News