Insentif Kredit Bank Perlu Ditingkatkan Untuk Transformasi Pariwisata Era Baru

Insentif Kredit Bank Perlu Ditingkatkan Untuk Transformasi Pariwisata Era Baru

Insentif Kredit Bank Perlu Ditingkatkan Untuk Transformasi Pariwisata Era Baru
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Bali – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Uno berharap pemberian insentif bagi perbankan yang menyalurkan kredit dan pembiayaan kepada sektor unggulan dan UMKM dapat ditingkatkan. Ia mengatakan insentif tersebut sangat diperlukan dalam rangka transformasi pariwisata era baru khususnya di pulau Bali.

“Target wisatawan mancanegara masuk ke bali tahun ini 1,5 juta (wisatawan), hampir lebih dari setengahnya total wisatawan mancanegara ke seluruh indonesia,” ungkap Sandiaga dalam acara CEO Sharing&Award Ceremony bertajuk ‘Managing the Uncertainty yang diselenggarakan Infobank bekerjasama dengan Perbarindo dan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Milik Pemerintah Daerah Se-Indonesia (Perbamida), di Bali, 21 September 2022.

Sandiaga mengatakan, Kemenparekraf terus mendorong peningkatan kualitas penyelenggara pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Ia mengaku saat ini sudah ada lebih dari 12.000 usaha wisata yang tersertifikasi CHSE (clean healt safety environtment sustainbility). “Sehingga industri pariwisata pun bergerak dari fokus kepada kuantitats menjadi fokus pada kualitas dan sustainbilitas,” ujarnya.

Mantan Wagub DKI Jakarta ini juga optimis dengan pariwisata Indonesia, seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin membaik dengan pertumbuhan 5,44% di semester II-2022. Aktifitas bisnis UMKM menopang 97% dari total tenaga kerja Indonesia dengan total kontribusi ekonomi kreatif untuk investasi mencapai lebih dari 61%.

Ke depan, untuk menghadapi tantangan ekonomi dengan adanya ancaman inflasi yang tinggi, maka perlu adanya upaya dari seluruh pemangku kepentingan untuk menciptakan 1,1 juta lapangan usaha baru di 2022 dan 4,4 juta lapangan usaha baru di 2024. “Sesuai dengan arahan presiden Jokowi menciptakan ketahanan pangan dan pembangunan yang berkelanjutan bisa kita wujudkan,” pungkasnya. (*) Dicky F.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]