Inilah BPR-BPR Terbaik Peraih Infobank BPR Awards 2022 

Inilah BPR-BPR Terbaik Peraih Infobank BPR Awards 2022 

Jakarta – Majalah Infobank bekerja sama dengan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) dan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Milik Pemerintah Daerah Se-Indonesia (Perbamida), menyelenggarakan ajang penghargaan Infobank 13th BPR Awards 2022 pada 21 September 2022.

Ajang penghargaan yang menganugerahkan Infobank BPR Awards 2022 kepada 391 BPR terbaik dan special trophy berupa golden untuk BPR berpredikat “Sangat Bagus” selama 5 tahun beruntun serta platinum untuk BPR berpredikat “Sangat Bagus” selama 10 tahun beruntun ini mendasarkan penilaiannya pada Rating 391 BPR Versi Infobank 2022. 

Biro Riset Infobank (birI) menilai kinerja BPR-BPR berdasarkan laporan keuangan 2020-2021. Metode yang diterapkan Biro Riset Infobank pada rating BPR ini ialah metode kuantitatif melalui laporan keuangan yang dipublikasikan di website Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sedangkan pendekatan yang digunakan Biro Riset Infobank untuk rating BPR ini ialah rasio keuangan penting dan pertumbuhan usaha. 

BPR lalu dikelompokkan menjadi enam kelompok berdasarkan besaran aset, yakni BPR beraset Rp25 miliar sampai dengan di bawah Rp50 miliar, BPR beraset Rp50 miliar sampai dengan di bawah Rp100 miliar, BPR beraset Rp100 miliar sampai dengan di bawah Rp250 miliar, BPR beraset Rp250 miliar sampai dengan di bawah Rp500 miliar, BPR beraset Rp500 miliar sampai dengan di bawah Rp1 triliun, dan BPR beraset Rp1 triliun ke atas. 

Hanya BPR yang menghasilkan nilai 81 sampai 100 mendapatkan predikat “Sangat Bagus”, dan meraih Infobank 13th BPR Awards 2022. 

Chairman Infobank Media Group, Eko B. Supriyanto, menyatakan bahwa terpilihnya 391 lembaga perbankan perkreditan rakyat tersebut membuktikan bagaimana kuatnya ekosistem industri BPR nasional. 

“Saya percaya ini semua adalah hasil kolaborasi antar pihak terkait, termasuk nasabah yang masih percaya dengan BPR. Tanpa trust yang tinggi dari masyarakat, maka akan sulit untuk BPR mencapai prestasi gemilang ini,” ujar Eko, saat memberikan welcome speech.        

Eko kemudian menekankan pentingnya menjaga trust masyarakat tersebut agar industri BPR nasional bisa tumbuh berkelanjutan di tengah kompetisi yang semakin ketat.

“Pembaharuan teknologi digital menjadi salah satu aspek pertumbuhan berkelanjutan, selain penerapan good corporate governance (GCG) yang baik,” tambahnya. 

Ajang Infobank 13th BPR Awards 2022 didahului dengan CEO Sharing bertajuk “Managing The Uncertainty: Peran Perbankan dalam Mendukung Pemulihan Sektor Pariwisata dan UMKM, serta Memimpin Perusahaan Pada Era Disrupsi dan Ketidakpastian” yang diisi oleh sejumlah pembicara dari regulator dan komunitas, antara lain opening speech yang dibawakan oleh Joko Suyanto selaku Ketua Umum Perbarindo, special remarks oleh I Wayan Ramantha selaku Koordinator Pokli Gubernur Bali, keynote speech oleh Dian Ediana Rae selaku Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, dan sesi CEO sharing yang dibawakan oleh Batara Sianturi selaku Chief Executive Officer Citi Indonesia. Acara CEO Sharing dimoderatori oleh Karnoto Mohamad selaku Deputi Editor in Chief Majalah Infobank. 

Rangkaian acara yang diadakan di The Stones Hotel, Legian Bali dan disiarkan secara langsung melalui channel YouTube InfobankTV ini dapat terlaksana berkat dukungan sejumlah pihak, antara lain BPR Mitratama Arthabuana, BPR Universal Kalbar, BPR Serang, BPR Modern Multiartha, BPR Bahtermas Konawe, BPR Mitra Daya Mandiri, BPR Pekanbaru Madani, BPR Eka Bumi Artha, BPR Jatim, BPR Kintamani Perdana, BPR Bahana Ekonomi Sentosa, BPR Baturaja, Bank Bapas 69, Bank Djoko Tingkir, dan BPR Jombang. 

Daftar lengkap peraih Infobank 13th BPR Awards 2022 dapat dilihat di Majalah Infobank edisi Agustus 2022 yang dapat diakses di infobankstore.

Related Posts

News Update

Top News