Ini Upaya Pemerintah Untuk Terus Dukung Pemberdayaan UMKM

Ini Upaya Pemerintah Untuk Terus Dukung Pemberdayaan UMKM

Jakarta – Sebagai tulang punggung perekonomian, pemerintah terus memberikan perhatian pada pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan bahwa pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan UMKM.

Beberapa upaya tersebut, seperti pembiayaan Ultra Mikro (UMi), kredit usaha rakyat (KUR), Program Mekaar, hingga program digitalisasi dari kegiatan UMKM. Dukungan pemerintah lainnya diberikan melalui investasi pembangunan infrastruktur digital ke seluruh pelosok Indonesia dan kemudahan di bidang perizinan melalui online single submission (OSS).

“Pemerintah menggunakan berbagai kebijakan untuk bisa bantu sebanyak mungkin dan semua segmen membutuhkan. Itu semuanya dilakukan bagi masyarakat, terutama pelaku usaha yang sangat ultra mikro sehingga mereka mampu mendapatkan akses permodalan,” tulis Menkeu pada keterangannya, Senin, 10 Januari 2022.

Sri Mulyani menambahkan, APBN terus berusaha untuk memberikan pemihakan kepada para pelaku usaha menggunakan instrumen keuangan negara yang dikelola langsung melalui APBN maupun kekayaan negara yang dipisahkan untuk memberikan dukungan yang nyata bagi para usaha kecil.

Harapannya, dengan berbagai akses permodalan yang ada, penguatan untuk usaha kecil, terutama dari sisi teknik produksi, pembukuan, dan kemampuan, dapat terus meningkatkan kualitas produk dan pemasaran sehingga menjadi sangat penting untuk melengkapi berbagai program yang sudah dilakukan oleh pemerintah. (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News