Ini Pentingnya Cek Kesehatan Keuangan Tiap Akhir Tahun

Ini Pentingnya Cek Kesehatan Keuangan Tiap Akhir Tahun

Jakarta – Tidak semua orang paham akan pentingnya mengecek kesehatan keuangan atau financial check up. Padahal, ada banyak manfaat penting apabila sesorang rutin melakukannya.

“Kenapa perlu melakukan financial check up? Pertama, adalah agar mampu memenuhi kebutuhan saat ini dan masa depan. Kedua, agar bisa segera menemukan solusi atas masalah keuangan yang terjadi,” kata Certified Financial Planner OneShildt Agustina Fitria dalam Kelas Finansial Jenius: Financial Check-Up untuk Wujudkan Keuangan yang Lebih Sehat di Jakarta, Kamis (21/12).

Baca juga: 6 Tips Cerdik Kelola Uang Agar Tidak Boncos Rayakan Akhir Tahun

Ia mengatakan, setiap orang yang sudah memiliki penghasilan baik karyawan biasa ataupun freelancer, status lajang ataupun keluarga pada dasarnya perlu melakukan financial check up. 

“Minimal setahun sekali sekali setiap akhir tahun atau saat terjadi perubahan besar dalam hal keuangan ” jelasnya.

Menurutnya, pada momen akhir tahun menjadi momen yang pas melakukan financial check up, khususnya mengevaluasi kondisi keuangan dalam setahun terakhir.

“Dalam setahun terakhir tentu ada banyak uang yang dipakai untuk liburan dan sebagainya. Termasuk rencana menikah tapi belum sampai akhir tahun, itu bisa dijadikan bahas diskusi untuk melakukan financial check up,” jelasnya.

Baca juga: Libur Telah Tiba, Berikut Tips Belanja Hemat ke Luar Negeri Tak Bikin Kantong Jebol

Lanjutnya, selain momen akhir tahun aktivitas financial check up bisa dilakukan saat terjadi perubahan besar dalam hal keuangan. Misalnya, perubahan status pernikahan, penambahan anggota keluarga.

“Saya punya klien mau menikah, mereka memperbaiki keuangan mereka. Apalagi saat memiliki anak, butuh dana pendidikan. Momen tersebut sangat bagus melakukan financial check up,” pungkasnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News