Ini Dia Senjata Rahasia Tingkatkan Performa Mitsubishi XForce

Ini Dia Senjata Rahasia Tingkatkan Performa Mitsubishi XForce

Jakarta – Mitsubishi XForce, mobil Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru di pasar otomotif Indonesia ini, ternyata memiliki senjata rahasia guna meningkatkan performanya lebih ‘beringas’.  Selain active yaw control (AYC) dan empat mode berkendara, Mitsubishi XForce juga memiliki fitur drive sport (DS).

Fitur DS terletak di tuas transmisi XForce. Pengemudi cukup menekan tombol DS dan mobil dipastikan langsung melesat. Fitur ini memang membuat mobil lebih responsif. Cocok digunakan bagi pengemudi dalam kondisi buru-buru atau mengendahului kendaraan di depannya.

Namun perlu diingat, transmisi DS tidak sama fungsinya dengan empat mode berkendara dan AYC. Lalu, bagaimana cara kerja fitur DS ini?

Seperti dijelaskan Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Motors di Indonesia. Menurutnya, pada dasarnya, Mitsubishi XForce memiliki delapan pilihan atau opsi transmisi. Salah satnya adalah DS drive mode.

“Jadi sebenarnya di mobil ini ada delapan jadi ada biasa, sama DS drive mode. Bahkan kalau turunan ada satu lagi yang Low. Tapi kita mungkin D sama DS aja. DS ini akan memanipulasi transmisi untuk bereaksi lebih cepat,” ungkapnya dalam Test Drive Mitsubishi XForce Batch 1, Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mitsubishi XForce Buatan Bekasi Mulai Diekspor pada Februari 2024, Targetnya 3.500 Unit per Bulan

Masih menurut Rifat, tujuan utama fitur DS adalah mempercepat akselerasi, sehingga mobil menjadi tambah melesat. Kata Rifat, ada semacam ‘otak pintar’ yang memanipulasi gearbox untuk bereaksi lebih cepat jika pengemudi mengaktifkan fitur DS.

“DS ini akan memanipulasi transmisi untuk bereaksi lebih cepat. Itu tujuan D-Sport. Jadi bukan Eco yang dikejar, karena orang itu kan ada kebutuhan buru-buru, ada kebutuhan untuk fuel consumption. Di DS ini semuanya akan jadi lebih cepat,” klaim Rifat.

“Semua akan ditahan lebih lama. Jadi kalau satu gigi belum sampai di RPM atas dia enggak nggak akan oper ke gigi berikutnya. Dan begitu juga saat di turunan, gigi akan nahan,” tambah Rifat.

Selain fitur DS, Mitsubishi XForce memiliki empat pilihan mode berkendaran yang bisa dipilih hanya dengan menekan tombol pada konsol tengah, tepatnya di sebelah tuas transmisi.

Pilihan mode berkendaran tersebut akan tampil pada layar di dasbor sehingga memudahkan pengemudi memantaunya.

Keempat mode berkendara Mitsubihsi XForce tersebut adalah Normal, Wet, Gravel, dan Mud. Sesuai namanya, Normal untuk medan jalan yang umum, Wet untuk situasi hujan atau basah, Gravel untuk kondisi tanah atau kerikil, dan Mud untuk lumpur.

Baca juga: Berkat Fitur Ini, Berkendara Mitsubishi XForce jadi Lebih Tenang Melibas Jalanan di Musim Hujan

Ada juga fitur AYC, yang membuat mobil mampu mengantisipasi jalan licin saat melaju kencang dan berbelok hingga menahan laju roda kanan atau kiri. Dengan demikian, posisi mobil tak akan menjadi ‘liar’ saat melintas di jalan yang licin.

Bicara soal dapur pacu, Mitsubishi XForce sendiri menggendong mesin MIVEC berkapasitas 1.500 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 103 hp dan torsinya 141 Nm. 

Mitsubishi XForce ditawarkan dengan dua varian. Ada Mitsubishi XForce varian tertinggi, Ultimate CVT dibanderol Rp412,9 juta, menurut situs resmi Mitsubishi. Kemudian, ada Mitsubishi XForce Exceed CVT. Harganya dibanderol Rp379,9 juta on the road DKI Jakarta. (*)

Related Posts

News Update

Top News