Ini Dia BPR Terbaik Tahun 2023: 331 BPR Berhasil Raih ‘Infobank BPR Award 2023’

Ini Dia BPR Terbaik Tahun 2023: 331 BPR Berhasil Raih ‘Infobank BPR Award 2023’

Jakarta – Sebanyak 331 bank perekonomian rakyat (BPR) berhasil meraih penghargaan Infobank BPR Awards 2023 dari Majalah Infobank. Penghargaan tahunan tersebut diberikan pada ajang “14th Infobank BPR Award 2023” di The Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Jumat, 25 Agustus 2023. Penghargaan diberikan kepada 331 BPR yang berhasil meraih predikat kinerja “Sangat Bagus” dari 1.023 BPR yang di-rating Biro Riset Infobank (birI) pada Maret – Juli 2023 lalu.

Pemberian penghargaan “Infobank BPR Award 2023” merupakan bentuk apresiasi Infobank terhadap bankir-bankir BPR yang telah bekerja ekstra  keras dengan dedikasi dan integritas tinggi, serta bentuk dukungan kepada industri BPR nasional agar terus menjaga kinerja terbaiknya. “Kami mengucapkan selamat dan sukses,” ujar Eko B. Supriyanto, Chairman Infobank Media Group.

Baca juga: Ini Dia Bank-Bank Terbaik Tahun 2023: 62 Bank Raih ‘Infobank Award 2023’

Untuk merating BPR, Biro Riset Infobank menggunakan metode kuantitatif berdasarkan laporan keuangan yang dipublikasikan di website Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jangka waktu pengunduhan laporan keuangan BPR dari OJK adalah bulan Maret sampai dengan awal Juli 2023. Pendekatan yang digunakan untuk merating BPR adalah pendekatan keuangan penting dan pertumbuhan usaha.

Dari total 1.584 BPR yang beroperasi di Indonesia (per Juni 2023), setelah diseleksi berdasarkan jumlah aset (minimal Rp25 miliar), ada 1.023 BPR yang kemudian dirating oleh Biro Riset Infobank.

Dari jumlah tersebut, setelah dinilai laporan keuangan tahun 2021 dan 2022, sebanyak 331 BPR berhasil mencatatkan predikat kinerja “Sangat Bagus”. Ke-331 BPR inilah yang kemudian dianugerahi penghargaan “Infobank BPR Award 2023”.

Meski harus berkompetisi dengan banyak pesaing, termasuk dengan financial technology (fintech)  dan  bank   umum   yang   memiliki   segmen   mikro,   menurut   Eko, BPR masih mampu mencatatkan pertumbuhan.

“BPR yang paling efisienlah yang paling bisa tumbuh tinggi, dan BPR yang mempunyai skala ekonomi yang baik, yaitu memiliki modal sesuai ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” tutur Eko.

Secara kelembagaan, kondisi BPR saat ini, menurut Eko, justru jauh lebih baik, terutama yang sudah menerapkan prinsip-prinsip good corporate governance (GCG) dengan pengawasan yang memadai.

“Tantangan BPR masih seputar permodalan, sehingga membutuhkan komitmen yang tinggi dari para pemegang saham,” tutup Eko.

Baca juga: Rating 331 BPR 2023: Rapor Rural Bank Setelah Pandemi

Sebelum pemberian penghargaan “Infobank BPR Award 2023”, digelar acara “Infobank Banking Mastery Forum 2023” dengan tema “Finding Your Bank’s Purpose: Penguatan dan Pengembangan Sektor Perbankan”, dengan narasumber Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae dan Dewan Pakar InfobankIgnasius Jonan.

Rangkaian acara ini terselenggara berkat dukungan para sponsor antara lain, Bank Kalteng, 6ESTATES, Alibaba Cloud, PaninBank, Bank Sulteng, BSI, Bank of China, Bank Mandiri, BPR Modern Express, BPR Universal, Bank BTN, Bank BJB Syariah, Bank Sulselbar, Rintis Sejahtera (ATM PRIMA), Bank Jatim, Bank Kalsel, Bank Sultra, Veda Praxis, Bank BJB, Bank DKI, Bank BPD DIY, Bank Nagari, Bank Mestika, BCA, Bank UMKM Jatim, Bank BPD Bali, Bank Aceh, Bank Danamon, Bank Mandiri Taspen, Bank NTB Syariah, Bank Sumselbabel, Bank EKA, Bank Kalbar, Bank Sumut, BPR Delta Artha, Bank BTPN, BCA Syariah, Bank Jateng, Bank CIMB Niaga, Bank Lampung, Bank Bapas 69, MUFG, dan Bank Ganesha. (*)

Related Posts

News Update

Top News