Politic

Ini Dia Arah Dukungan Kadin di Pilpres 2024

Jakarta – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menegaskan keberpihakannya dalam Pemilu 2024. Pelaksana Tugas Harian Ketua Umum Kadin Indonesia, Yukki Nugrahawan Hanafi menyatakan bahwa pihaknya netral dan tidak condong atau memihak pada pasangan capres dan cawapres manapun.

“Saya sudah pernah sampaikan, posisi Kadin Indonesia netral,” jelas Yukki dalam konferensi pers Rapimnas 2023, Kamis 7 Desember 2023.

Baca juga: Ini 4 Pilar Utama Kadin Dorong Tercapainya Indonesia Emas 2045

Hal ini menanggapi soal Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid yang menjadi ketua Tim Pemenangan Nasional Calon Presiden dan Wakil Presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Serta, Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2015-2021 Rosan Roeslani sebagai Ketua Tim Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Yukki menambahkan bahwa sesuai dengan anggaran dasar/anggaran rumah tangga Kadin, Ketua Umum Arsjad Rasjid tidak perlu cuti selama menjadi tim pemenangan pasangan capres dan cawapres.

“Satu Posisi Kadin netral kita gak ada instruksi apapun. Karena ini pesta demokrasi dan itu bersifat pribadi untuk masing-masing, yang kami tekankan adalah satu hal yakni sesuai Undang-Undang nomor 1 tahun 1987, dimana pada pasal 5 nya tertulis kita tidak boleh membawa Kadin,” jelasnya.

Baca juga: Arsjad Rasjid Kini Aktif Nahkodai TPN Capres Ganjar Pranowo

Adapun, di tahun politik 2024 ini, Kadin ingin berfokus kepada Pemilu yang damai yang dapat terus mendukung perekonomian RI tetap tumbuh untuk mencapai Indonesia Emas 2045.

“Kadin dalam politik praktis, Politik kadin yang kita perjuangakan adalah politik kesejahteraan, politik kadin politik ekonomi itu yang kita akan usung. Kita ingin berdamai, kita ingin tetap ekonomi itu tumbuh karena kita punya pekerjaan besar mencapai apa yang kita sebut dengan Indonesia Emas 2045,” pungkasnya. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Irawati

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

2 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

3 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

3 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

3 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

4 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

5 hours ago