Ini Dia 3 Sosok Wanita Terkaya RI 2023, Nomor 1 Capai Rp69,1 Triliun

Ini Dia 3 Sosok Wanita Terkaya RI 2023, Nomor 1 Capai Rp69,1 Triliun

Jakarta – Kaum perempuan di Tanah Air tak kalah berpengaruh dalam dunia bisnis. Buktinya, ada sejumlah nama wanita yang muncul di tengah hegemoni pria yang mendominasi daftar 50 orang terkaya di Indonesia 2023.

Berdasarkan laporan Forbes terkait daftar 50 orang terkaya di Indonesia 2023, tercatat ada tiga wanita terkaya yang berhasil masuk dalam jajaran tersebut.

Lalu, siapa saja tiga wanita terkaya di RI yang ada di dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia 2023?

  1. Dewi Kam

Wanita berusia 73 tahun ini merupakan sosok pengusaha sukses dalam sektor energi. Dia mendapatkan sebagian besar kekayaannya dari kepemilikan saham di perusahaan penambang batu bara PT Bayan Resources Tbk.

Baca juga: Daftar Orang Terkaya di Dunia Terbaru Versi Forbes, Miliarder RI Posisi Berapa?

Saham Bayan Resources naik tiga kali lipat pada 2022 di tengah krisis energi global dan terus meningkat pada 2023.

Selain mengantongi 10 persen saham Bayan Resources, Dewi Kam juga memiliki perusahaan PT Sumberenergi Sakti Prima (SSP). Perusahaan tersebut diketahui telah bermitra dengan PT Bosowa Energi.

Kerja sama kedua perusahaan tersebut merupakan bagian dari proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jeneponto di Punagaya, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Proyek besar di sektor kelistrikan itu telah dibangun dan mulai dioperasikan penuh oleh Bosowa Energi dua tahun lalu setelah diresmikan oleh Jero Wacik selaku Menteri ESDM pada 19 Desember 2012 silam.

Lalu, dalam data Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) juga menyebutkan jika proyek PLTU Cilacap yang berlokasi di Desa Karangkandri, Cilacap, Jawa Tengah, yang telah dikembangkan oleh PT Sumber Segara Primadaya (S2P) di mana 51 persen sahamnya telah dimiliki oleh PT SSP dan sisanya dimiliki oleh PT Pembangkit Jawa-Bali.

Berdasarkan data yang dicatat oleh Forbes, Dewi Kam saat ini telah menempati urutan ke-10 dari 50 orang terkaya di Indonesia.

Adapun total kekayaan yang dimilikinya mencapai USD4,5 miliar atau setara dengan Rp69,1 triliun (Rp15.357 per USD).

Baca juga: Kisah Mantan Sopir Angkot jadi Orang Terkaya di RI, Lebih Tajir dari Jack MA

2. Arini Subianto dan Keluarga

Arini Subianto memiliki kekayaan Rp20 triliun/isitmewa

Posisi Dewi Kam dibuntuti oleh Arini Subianto dan keluarganya. Arini Subianto menjadi orang terkaya nomor 36 di Indonesia dengan total kekayaan USD1,34 miliar atau setara Rp20 triliun.

Arini merupakan anak taipan Tanah Air, Benny Subianto yang meninggal pada Januari 2017 lalu.

Saat ini, Arini menduduki posisi presiden direktur perusahaan induk keluarganya, Persada Capital Investama yang berinvestasi di berbagai bidang. Di antaranya dari produk pengolahan kayu dan kelapa sawit hingga pengolahan karet dan batu bara.

Persada Capital Investama mencakup saham minoritas di raksasa batubara Adaro Energy. Selain itu, Persada Grup juga aktif berinvestasi di sejumlah perusahaan rintisan sejak 2017.

3. Marina Budiman

Marina Budiman kantongi harta kekayaan Rp15 triliun/isitmewa

Marina Budiman menjadi wanita ketiga yang masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Ia menempati posisi ke-47 sebagai orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan USD1,01 miliar atau Rp15 triliun.

Menukil laman DCI Indonesia, Marina Budiman yang pernah berkuliah di University of Toronto, Kanada ini, adalah salah satu pendiri dan Presiden Komisaris perusahaan pusat data DCI Indonesia.

Baca juga: 5 Pengusaha Yahudi Terkaya di Dunia, Nomor 1 Kantongi Harta Setara Setengah APBN RI

Pada 2011 silam, Marina mendirikan DCI bersama Otto Toto Sugiri.  PT DCI Indonesia diketahui bergerak di bidang layanan data cloud.

Sejak melantai di Bursa Efek Indonesia pada awal Januari, saham perusahaan dengan kode DCII ini meroket 9.400 persen, dari yang awalnya Rp420 per saham saat IPO menjadi Rp39.500 per saham.

Sebelumnya, Marina bekerja dengan Otto Toto Sugiri di Bank Bali pada 1985 dan bergabung dengan Sigma Cipta Caraka pada 1989. (*)

Related Posts

News Update

Top News