Infobank Digital Bersama Asuransi Candi Utama Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Literasi Keuangan di SMA Bakti Mulya 400

Infobank Digital Bersama Asuransi Candi Utama Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Literasi Keuangan di SMA Bakti Mulya 400

Jakarta – Infobank Digital yang merupakan bagian dari Infobank Media Group bersama PT Asuransi Candi Utama menggelar Pelatihan Jurnalistik dan Literasi Keuangan yang dihadiri ratusan siswa di SMA Bakti Mulya 400 di Jakarta Selatan, Kamis, 5 September 2024.

Dalam sambutannya, Apriyani Kurniasih, Direktur Infobank Digital mengatakan, Infobank Digital memiliki program literacy roadshow ke kampus dan sekolah. Kegiatan ini memang menjadi concern Infobank Digital bersama dengan mitra lembaga jasa keuangan. Kali ini, pihaknya mendapatkan kesempatan di SMA Bakti Mulya 400 yang didukung PT Asuransi Candi Utama.

Lewat kegiatan ini, lanjut Apriyani, diharapkan para siswa mendapatkan wawasan mengenai bagaimana mengatur keuangan dengan baik. Ini penting sebagai bekal para siswa ke depannya agar lebih memahami mengelola keuangan sekaligus bisa menginvestasikan uang yang dimilikinya pada berbagai jenis instrumen investasi.

Baca juga: Bersama Sucor AM, Infobank Digital Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Literasi Keuangan di SMA Global Mandiri Cibubur

“Kalau kita sudah dewasa, uang itu harus dikelola dengan baik. Paling nggak punya tabungan, punya proteksi asuransi, atau juga investasi. Dari SMA harus bisa dimulai mengatur keuangan,” jelasnya.

Kepala Sekolah Bakti Mulya 400, Andi Gunawan mengatakan, tingkat literasi di Indonesia bisa dibilang memang masih rendah. Lewat kegiatan ini, diharapkan bisa mendorong literasi keuangan, khususnya bagi para siswa terkait dengan bagaimana mengatur keuangan dengan baik.

“Kesuksesan bukan hanya ditentukan dari sebesar besar uang yang kalian miliki, tapi lebih kepada seberapa pandai kita mengatur keuangan. Jadi, berapa pun yang kita (uang) yang kita punya, kalau nggak bisa ngatur ya abis juga. Nah, di sinilah pentingnya literasi keuangan,” ungkap Andi.

Di kesempatan yang sama, Head Division of HRGA Dian Andiani menjelaskan asuransi memegang peranan penting dalam melindungi aset dari berbagai risiko yang tak terduga. Pemahaman siswa terkait dengan asuransi pun dinilai sangat penting, mulai dari jenis asuransi hingga manfaatnya.

Dia mencontohkan tentang asuransi umum, salah satunya adalah Property All Risks (PAR). Asuransi ini ditujukan menjamin kerusakan atau kerugian seperti kantor, rumah tinggal, rumah sakit dan sekolah. Lalu, ada juga asuransi kendaraan, yakni perlindungan untuk kendaraan bermotor dari kerugian akibat tabrakan, benturan, perbuatan jahat, dan lainnya.

Baca juga: Dorong Literasi Gen Z, Infobank Literacy Roadshow Digelar di FEB UB

Sebelumnya, Dian juga memberikan pemaparan terkait dengan duck syndrome dan tips menghindari kepada siswa. Duck syndrome merupakan kondisi di mana seseorang berusaha untuk terlihat baik-baik saja padahal ia sedang merasa tertekan karena berbagai masalah yang sedang dihadapi. Di lingkungan sekolah, misalnya, tekanan siswa bisa datang dari tuntutan akademik hingga ekspektasi yang terlalu tinggi dari keluarga dan teman.

Sementara dalam sesi pelatihan jurnalistik, Galih Pratama, Asisten Redaktur Infobanknews memberikan pemaparan dasar-dasar jurnalistik kepada siswa Sekolah Bakti Mulya 400. Mulai dari pemahaman konsep dasar jurnalistik, produk jurnalistik, hingga search engine optimization (SEO).

Related Posts

News Update

Top News