Influencer Ini Ingatkan Jangan Tergiur Bunga Rendah Pinjol

Influencer Ini Ingatkan Jangan Tergiur Bunga Rendah Pinjol

Influencer Ini Ingatkan Jangan Tergiur Bunga Rendah Pinjol
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Saat ini penyedia pinjaman online (pinjol) begitu menjamur di Indonesia, mulai dari yang berizin dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga pinjol ilegal. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang menawarkan pinjaman dengan bunga yang sangat rendah untuk menggaet para nasabah.

Influencer sekaligus Investment Storyteller, Felicia Putri Tjiasaka mengatakan, bunga yang rendah tersebut merupakan salah satu strategi penyelenggara pinjol untuk menarik masyarakat. Namun dibalik itu, ada biaya-biaya lainnya yang dinaikan seperti biaya admin dan layanan. Sehingga jika diakumulasi, uang yang harus dibayar konsumen di luar pokok tetap terbilang besar.

“Aku coba download salah satu aplikasi pinjol dan coba pinjam Rp1,2 juta dengan tenor 22 hari. 22 hari kemudian yang harus aku bayar Rp1,4 juta. Jika di breakdown bunganya hanya 0,2% yang terhitung agak rendah, namun di lain sisi dia membesarkan biaya-biaya lainnya seperti biaya admin, biaya penanganan, dan lainnya. Jadi, memang sengaja dikecilin bunganya, tapi dibesarkan di biaya-biaya lainnya,” katanya dalam sebuah webinar, Jumat, 11 Februari 2022.

Felicia menghimbau agar masyarakat lebih aware melihat hal-hal seperti ini. Sebaiknya juga masyarakat tidak hanya melihat dari segi bunga. Tapi memperhitungkan, biaya-biaya lainnya di luar biaya bunga.

“Angka-angka seperti ini kan yang mungkin masyarakat yang meminjam itu kurang literasi. Mereka gak tahu secara detail presentasenya, yang penting mereka tahunya bayar berapa ribu deh. Misalnya kalau minjam Rp100 ribu dengan bunga Rp10 ribu per hari itu kecil, tapi sebenarnya kalau dipresentasikan kan besar. Hal ini yang perlu konsisten kita edukasi ke masyarakat agar mereka bisa tahu jika ini mahal atau murah, mencekek nggak sih untuk kehidupan mereka,” ujarnya. (*) Bagus Kasanjanu

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]