Inflasi Diprediksi Kembali Pada Kisaran 2-4% di Semester II-2023

Inflasi Diprediksi Kembali Pada Kisaran 2-4% di Semester II-2023

suku bunga bank indonesia
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Bank Indonesia (BI) meyakini inflasi inti akan berada dalam kisaran 3,0±1% pada semester I 2023 dan inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) kembali ke dalam sasaran 3,0±1% pada semester II 2023.

“Bank Indonesia akan terus memperkuat respons kebijakan moneter, serta terus berkoordinasi dengan Pemerintah guna memastikan penurunan dan terkendalinya inflasi tersebut,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo di Jakarta, Kamis, 19 Januari 2023.

Asal tahu saja, sampai dengan Desember 2022 inflasi IHK berada pada angka 5,51%. Menurut BI, angka ini jauh lebih rendah dari prakiraan sesuai dengan Consensus Forecast  6,5% (yoy) pasca penyesuaian harga BBM bersubsidi pada September 2022.

Demikian pula inflasi inti tercatat rendah pada akhir 2022 yaitu sebesar 3,36% (yoy) jauh lebih rendah dari prakiraan Bank Indonesia sebesar 4,61% (yoy).

Penurunan inflasi IHK dan inti tersebut sebagai hasil koordinasi yang sangat erat antara Pemerintah dan Bank Indonesia melalui respons kebijakan moneter Bank Indonesia yang front loaded, pre-emptive, dan forward looking, 

“Ini didukung dengan pengendalian inflasi bahan pangan bergejolak (volatile food)  melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP),” ucapnya. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]