Indahnya Politik Damai, Jokowi Kumpulkan Anies, Ganjar, dan Prabowo Makan Siang Bareng

Indahnya Politik Damai, Jokowi Kumpulkan Anies, Ganjar, dan Prabowo Makan Siang Bareng

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengundang tiga bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto untuk makan siang bersama di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (30/10/2023) siang ini.

Undangan tersebut dikonfirmasi oleh Sekjen Partai Nasional Demokrat (NasDem) Hermawi Taslim. Menurutnya, undangan makan siang ini ditujukan kepada seluruh bacapres, tidak hanya Anies.

Baca juga: Sri Mulyani Respon Program Prabowo-Gibran Dana Abadi Pesantren dan KIS Lansia

“Presiden pernah mengatakan bahwa beliau mendukung ke 3 capres demi kebaikan bangsa. Nah siang ini ketiganya diundang ke istana,” kata Hermawi dikutip Senin, 30 Oktober 2023.

Taslim menilai, undangan makan siang bersama tersebut merupakan wujud nyata dukungan dari presiden, terhadap tiga bacawapres yang berkontestasi di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Presiden pernah mengatakan bahwa beliau mendukung ketiga capres demi kebaikan bangsa. Nah siang ini ketiganya diundang ke istana. Mungkin inilah wujud dukungan yang dimaksud,” ujar Taslim.

Undangan makan siang ini memang hanya ditujukan kepada capres saja. Sedangkan ketiga calon presiden (cawapres), yakni Muhaimin Iskanda, Mahfud MD, dan Gibran Rakabuming Raka tidak termasuk dalam undangan.

Makan siang itu digelar di ruang makan Istana Merdeka, Jakarta. Jokowi tampak duduk tengah di meja makan yang berbentuk bundar.

Di samping kiri Jokowi, duduk Prabowo. Ganjar duduk di sebelah kanan Jokowi. Sementara Anies terlihat duduk di berhadapan dengan Jokowi.

Terlihat, suasana makan siang itu pun tampak akrab. Beberapa kali ketiganya juga tertawa bersama.

Tiga Capres-Cawapres Telah Daftar ke KPU

Seperti diketahui, sebanyak tiga pasangan bakal capres-cawapres telah mendaftar ke KPU. Prabowo bersama Gibran Rakabuming menjadi pasangan ketiga yang mendaftar Pilpres 2024.

Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menjadi peserta pertama yang mendaftar KPU. Kemuduan disusul pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan terakhir Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga: PR Besar Anies, Ganjar dan Prabowo Obati Penyakit Ekonomi RI 

Pada tahapan tes kesehatan, ketiga pasangan capres-cawapres juga telah dinyatakan mampu menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden, serta bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Adapun hasil akhir dari rangkaian verifikasi administrasi syarat bakal pasangan calon akan ditetapkan oleh KPU pada 13 November 2023. Setelah itu, dilakukan pengundian nomor urut pasangan calon pada 14 November 2023. (*)

Related Posts

News Update

Top News