IHSG Akan Bergerak di Level 6.898-6.953, Cek Sentimen Penggeraknya

IHSG Akan Bergerak di Level 6.898-6.953, Cek Sentimen Penggeraknya

Jakarta – Pilarmas Investindo Sekuritas melihat indeks harga saham gabungan (IHSG) secara teknikal hari ini (23/8) akan berpotensi mengalami penguatan secara terbatas dengan level support 6.898 dan level resistance 6.953.

“Berdasarkan analisa teknikal, kami melihat IHSG berpotensi menguat terbatas dengan support dan resistance di level 6.898–6.953,” tulis manajemen dalam market review di Jakarta, 23 Agustus 2023.

Baca juga: Mandiri Sekuritas Ramal IHSG Bisa Capai Level Segini di Akhir Tahun

Pilarmas melihat, sentimen yang akan memengaruhi IHSG hari ini khususnya domestik, terkait dengan kinerja Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) yang triwulan II-2023 tetap terjaga di tengah ketidakpastian perekonomian global.

Seperti diketahui, NPI pada triwulan II-2023 tercatat defisit USD7,4 miliar dan posisi cadangan devisa pada akhir Juni sebesar USD17,5 miliar, besarnya cadangan devisa tersebut setara dengan enam bulan pembiayaan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

“Hal ini tentu saja di atas standar kecukupan internasional sebesar tiga bulan impor. Transaksi berjalan yang merupakan salah satu komponen NPI, mencatatkan defisit sebesar USD1,9 miliar atau 0,5 persen dari PDB setelah surplus USD3 miliar atau 0,9 persen dari PDB pada triwulan sebelumnya,” imbuhnya.

Kemudian, transaksi modal dan finansial yang juga mempengaruhi NPI pun juga tercatat defisit USD5 miliar atau 1,4 persen dari PDB setelah pada triwulan sebelumnya tercatat surplus USD3,7 miliar atau 1,1 persen dari PDB.

Defisit NPI tersebut dinilai wajar karena terdapat faktor eksternal yang memengaruhi, di antaranya adalah penurunan harga komoditas, ketidakpastian dan perlambatan ekonomi global, serta kenaikan domestik.

Baca juga: IHSG Akan Bergerak Stabil di Tahun Politik, Begini Proyeksinya

Namun, kondisi defisit ini masih terkendali sebab dari dalam negeri menunjukkan membaiknya aktivitas ekonomi domestik dengan PDB pada triwulan II 2023 tercatat naik 5,17 persen year on year dan lebih tinggi dibanding periode sebelumnya yang sebesar 5,04 persen year on year.

Adapun, Pilarmas merekomendasikan beberapa saham hari ini, diantaranya adalah PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI), PT Ciputra Development (CTRA), dan PT Bukit Asam Tbk (PTBA). (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News