ICAEW: Pemilu hingga Lebaran Jadi Penopang Ekonomi RI di Kuartal I 2024

ICAEW: Pemilu hingga Lebaran Jadi Penopang Ekonomi RI di Kuartal I 2024

Jakarta – Perekonomian di kawasan Asia Tenggara telah mengalami pertumbuhan yang beragam di masing-masing wilayahnya pada kuartal I 2024.

Hal itu dibuktikan oleh pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mencapai 5,1 persen di kuartal I 2024. Angka ini sedikit lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 5 persen.

Baca juga: Meski Ekonomi Global Makin Stabil, Bank Dunia Peringatkan Tantangan Ini

Sebuah riset Oxford Economics yang digagas oleh Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW), menyatakan bahwa, pertumbuhan ekonomi tersebut didukung oleh peningkatan konsumsi domestik.

ICAEW Head of indonesia, Conny Siahaan, mengatakan bahwa, perekonomian Asia Tenggara masih menunjukkan hasil yang relatif kuat terutama di Indonesia dibandingkan dengan paruh keempat tahun lalu.

“Melalui riset ini, kami berharap setiap pihak yang terlibat dan berperan dalam menggerakkan roda ekonomi bisa memanfaatkan setiap peluang dan sekaligus mengambil langkah yang cermat untuk membantu menggerakkan pertumbuhan ASEAN ke arah yang lebih baik dan stabil di masa depan,” ucap Conny dalam keterangan resmi dikutip, 16 Juni 2024.

Adapun, dari sisi pertumbuhan ekonomi Indonesia, konsumsi domestik menjadi pendorong utama. Hal ini dikarenakan pada kuartal I 2024 terdapat pengeluaran terkait Pemilu di sektor publik dan adanya transaksi Ramadan dan Idul Fitri.

Baca juga: Bagaimana Potensi Pertumbuhan Ekonomi RI Jika Jadi Anggota OECD? Ini Jawaban Airlangga

Meski konsumsi rumah tangga disinyalir akan mengalami kesulitan karena hambatan terkait kebijakan moneter, namub diharapkan konsumsi tersebut dapat tetap menjadi penopang utama pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Selain Indonesia, negara Asia Tenggara lainnya, yakni Vietnam mengalami pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat sebesar 5,6 persen di kuartal I 2024, meski menurun dari periode tahun sebelumnya yang berhasil menyentuh pertumbuhan 6,7 persen. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News