HUT RI di IKN Berdampak Positif terhadap Ekonomi Setempat, Ini Buktinya

HUT RI di IKN Berdampak Positif terhadap Ekonomi Setempat, Ini Buktinya

Jakarta – Pada 17 Agustus 2024 mendatang, pemerintah hendak melaksanakan upacara HUT Republik Indonesia yang ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN). Upacara ini nantinya akan diikuti oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta jajaran menteri serta sejumlah ASN.

Menurut Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), persiapan HUT di IKN ini mempengaruhi ekonomi di daerah sekitar IKN. Misalnya, hotel-hotel di sekitar IKN mendapat lonjakan pengunjung. Harganya juga naik.

“Kalau di IKN itu (kenaikannya) sangat signifikan. Mencapai 70 persen. Tingkat occupancy rate hotel di Balikpapan sudah full sekarang, jelang HUT. Jadi, harganya naik, occupancy-nya juga naik,” ungkap Sandiaga pada Selasa, 6 Agustus 2024.

Lebih lanjut, Sandiaga senang melihat kalau peringatan HUT di IKN berdampak pula terhadap pelaku usaha kecil, dan menengah (UKM). Untuk mengakomodir peningkatan ini, pihaknya akan segera membentuk desa pariwisata di sana.

“Yang kita apresiasi adalah UKM-UKM di sekitar IKN ini juga tumbuh. Kita juga lagi mengembangkan desa-desa wisata,” tambah Sandiaga.

Dengan demikian, Sandiaga memproyeksi kalau pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitar IKN bisa mencapai 20 sampai 30 persen, terlebih jika ada peringatan hari-hari besar, seperti HUT ini.

“Modelling kita menunjukkan bahwa, setiap ada event besar ini (perekonomian) bisa terdampak antara 20-30 persen peningkatannya,” tutup Sandiaga.

Berdasarkan keterangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) per Mei 2024 lalu, realisasi APBN untuk IKN sudah mencapai Rp5,5 triliun. Jumlah tersebut sudah mencapai 13,7 persen dari pagu sebesar Rp40 triliun di 2024. Sementara, total investasi di IKN adalah sebesar Rp51,35 triliun pada Juni 2024.

Pada 10-11 Agustus 2024 mendatang, Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), mengatakan kalau sejumlah menteri kabinet akan berangkat ke IKN untuk melaksanakan sidang kabinet dan merayakan HUT di sana. (*) Mohammad Adrianto Sukarso

Related Posts

News Update

Top News