Headline

Hingga Akhir Maret, Capital Inflow Capai Rp90 Triliun

Jakarta — Bank Indonesia (BI) mencatat hingga Minggu keempat bulan Maret capital inflow atau aliran modal asing yang telah masih ke Indonesia telah mencapai Rp90 triliun. Dana tersebut masuk melalui berbagai instrumen ke pasar nasional.

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyodi di Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia Jakarta, Jumat 29 Maret 2019. Menurutnya, tingginya angka tersebut merupakan cerminan kepercayaan investor asing.

“Aliran modal masuk dari instrumen domestik baik surat berharga negara maupun yang lain hingga Minggu lalu posisinya net surplus sehingga secara year to date (ytd) mendekati Rp90 triliun dari Januari sampai posisi Minggu kemarin ,” kata Dody di Jakarta, Jumat 29 Maret 2019.

Lebih rinci lagi Dody menjelaskan, masuknya aliran modal tersebut melalui Surat Berharga Negara (SBN) dan pasar Saham. Dirinya berharap, dengan adanya aliran modal masuk ini akan memperkuat fundamental ekonomi nasional dan stabilitas nilai tukar.

Tak hanya itu, dirinya mengaku terus memantau kondisi gejolak ekonomi global khususnya kondisi perekonomian negara Turki dan Argentina guna melihat kebijakan yang akan ditempuh oleh pemerintah dan bank sentral.

“Artinya kira memang harus awas terhadap emerging market seperti Turki dan di Argentina serta Eropa tapi kita lihat sentimen itu masih cukup baik di kita dari penempatan dana di kita,” tukas Dody. (*)

Suheriadi

Recent Posts

Airlangga Cerita Soal Retreat di Magelang, Bahas PPN Naik 12 Persen?

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Ailrangga Hartarto bercerita soal wejangan dari Presiden Prabowo Subianto usai pelaksanaan… Read More

2 hours ago

Wamenkeu Anggito Bakal Gali Pajak dari Underground Economy

Jakarta – Wakil Menteri Keuangan Anggito Abimanyu berencana akan mendorong pendapatan negara melalui pajak dari aktivitas ekonomi… Read More

3 hours ago

DANA Hadirkan Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM, Begini Caranya

Jakarta – Pelbagai cara dilakukan dompet digital, DANA dalam meningkatkan kapabilitas untuk menjangkau pengguna di… Read More

3 hours ago

BUMA Raih Perpanjangan Kontrak Rp107,8 Triliun dari Bayan Group

Jakarta - PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) sebagai anak usaha utama dari PT Delta… Read More

5 hours ago

KB Bank Terbitkan Obligasi Global Perdana 300 Juta Dolar AS

Jakarta – PT Bank KB Bukopin Tbk atau KB Bank (BBKP) telah resmi menyelesaikan penentuan harga… Read More

6 hours ago

BI Tekankan Keleluasaan Kebijakan Hadapi Ketidakpastian Global

Jakarta - Bank Indonesia (BI) menegaskan perlunya kebijakan dan langkah yang konsisten dalam menghadapi ketidakpastian… Read More

6 hours ago