Hibahkan Bus Listrik, Foxconn Siap Bangun Ekosistem Baterai di RI

Hibahkan Bus Listrik, Foxconn Siap Bangun Ekosistem Baterai di RI

Hibahkan Bus Listrik, Foxconn Siap Bangun Ekosistem Baterai di RI
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Sebagai perwakilan Pemerintah Indonesia, Kementerian Investasi/BKPM menerima penyerahan lima bus listrik yang diberikan oleh Foxconn dan Indika Energy dalam rangka mendukung kesuksesan Presidensi G20 Indonesia di Bali.

Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, menyatakan komitmennya untuk memberikan dukungan dan fasilitasi rencana investasi Foxconn melalui Joint Venture (JV) dengan Indika Energy dalam mendukung pengembangan ekosistem industri kendaraan listrik di Indonesia.

“Hari ini Foxconn akan masuk ke Indonesia untuk bangun ekosistem baterai kendaraan listrik yang dimulai dari bus listrik. Kita juga akan mendorong sel baterai dan industri lainnya,” ucap Bahlil dalam keterangan resmi dikutip 15 November 2022.

Lebih lanjut, ia menegaskan kembali bahwa Indonesia tidak memberikan perlakuan istimewa kepada salah satu negara tertentu untuk berinvestasi di Indonesia, melainkan semua negara sama di mata Indonesia, termasuk Foxconn dari Taiwan yang memberikan kontribusi dalam mendorong Energi Baru Terbarukan (EBT) dan industri hijau di Indonesia.

Tidak hanya itu, Presiden Direktur Indika Energy, Arsjad Rasjid, menyatakan bahwa kerja sama tersebut bertujuan untuk mendukung Indonesia menjadi salah satu pemain utama dalam ekosistem kendaraan listrik.

“Kami melihat potensi pengembangan kendaraan listrik di Indonesia untuk pengurangan emisi. Kolaborasi ini adalah permulaan dari pengembangan ekosistem kendaraan listrik Indonesia yang komprehensif untuk masa depan berkelanjutan,” ujar Arsjad dalam kesempatan yang sama.

Adapun bus listrik yang diserahkan tersebut masing-masing berkapasitas 45 orang dan digunakan selama pertemuan B20 dan G20 untuk mengantarkan tamu-tamu penting turun dari pesawat menuju ke ruang kedatangan di Bandar Udara Ngurah Rai. Bus listrik tersebut juga berfungsi sebagai bus ulang alik untuk tamu penting selama kegiatan pertemuan B20 dan G20. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]