Survei Ipsos Ungkap Alasan Shopee Live Dominasi Platform Live Streaming E-commerce

Survei Ipsos Ungkap Alasan Shopee Live Dominasi Platform Live Streaming E-commerce

Jakarta – Perusahaan riset pasar dan jajak pendapat Ipsos merilis hasil survei bertajuk “Tren Live Streaming E-commerce bagi Penjual” tahun 2023. Shopee Live menjadi pilihan utama bagi penjual brand lokal dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di tengah intensnya dinamika live streaming E-commerce.

Survei Ipsos menyebut, ada beberapa indikator atau aspek penting yang menjadi perhatian brand lokal dan UMKM dalam memilih fitur live streaming. Shopee Live menempati posisi puncak puncak popularitas, sebagai pemimpin pada indikator fitur live streaming yang paling diingat oleh brand lokal dan UMKM (Top of Mind/TOM). Persentasenya 77 persen, unggul jauh dari pesaing terdekatnya, yakni Tiktok Live (19 persen).

Selanjutnya, dalam indikator fitur live streaming yang paling sering digunakan brand lokal dan UMKM (Brand Used Most Often – BUMO), Shopee Live di posisi teratas dengan persentase 72 persen, dibayangi Tiktok Live (26 persen).

Baca juga: Survei Populix: Shopee Live jadi Platform Live Streaming Paling Sering Digunakan

Dari sisi market share, Shopee Live juga dominan. Porsinya mencapai 82 persen dan menjadi platform yang paling banyak dipilih penjual brand lokal dan UMKM. Sementara Tiktok Live porsinya 18 persen.

Executive Director Ipsos Indonesia Andi Sukma mengungkapkan, sejak akhir 2023 lalu, kehadiran Shopee Live mendominasi pasar live streaming bagi penjual. Tahun ini, dunia e-commerce diwarnai oleh perubahan signifikan, tantangan yang semakin dinamis hingga munculnya pemain baru.

Melihat hasil survei yang dilakukan Ipsos, Jika kita melihat kembali pada survei yang telah Ipsos lakukan, Shopee Live menjadi fitur live streaming yang unggul dalam berbagai aspek penting yang dilihat oleh brand lokal dan UMKM, seperti menyediakan pelayanan yang terbaik dan memberikan peningkatan omzet terbesar.

“Sehingga jika Shopee terus mempertahankan dan meningkatkan manfaat fitur ini bagi para penjual, tahun ini pun Shopee Live diprediksi masih mendominasi fitur live streaming pilihan brand lokal dan UMKM di antara e-commerce lainnya,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jum’at, 7 Juni 2024.

Survei Ipsos juga mengupas aspek penting yang mendasari pilihan live streaming para penjual. keberhasilan Shopee Live menyajikan layanan interaktif yang unggul, menjadikannya sebagai pilihan utama bagi brand lokal dan UMKM.

Lalu, aspek-aspek apa saja yang dicari dan mempengaruhi preferensi para penjual dalam memilih fitur live streaming di platform e-commerce?

Berdasarkan preferensinya, fitur live streaming dengan layanan yang memuaskan bagi penjual dan pembeli. Salah satu keunggulan utama live streaming adalah kemampuannya menyajikan interaksi langsung antara penjual dan konsumen.

Data survei juga menunjukkan bahwa Shopee Live unggul telak dari para persaingnya dalam menyediakan layanan terbaik bagi brand lokal dan UMKM dengan persentase 67 persen. Sementara TikTok Live (25 persen), Lazada Live (5 persen), dan Tokopedia Play (3 persen).

Shopee Live juga dianggap brand lokal dan UMKM sebagai live streaming dengan fitur interaktif terbaik, diikuti oleh TikTok Live (25 persen), Lazada Live (7 persen), dan Tokopedia Play (6 persen).

Dalam hal membantu peningkatan omzet brand lokal dan UMKM, lebih dari setengah brand lokal dan UMKM (67 persen) mengakui bahwa Shopee Live memberikan peningkatan omzet terbesar bagi bisnis mereka. Jauh di atas TikTok Live (25 persen), Tokopedia Play (4 persen), dan Lazada Live (4 persen).

Shopee Live juga dipilih para seller sebagai fitur live streaming yang memberikan keuntungan terbaik (67 persen), diikuti oleh TikTok Live (26 persen), Tokopedia Play (4 persen), dan Lazada Live (3 persen).

Baca juga: Live Streaming Jadi Daya Tarik Masyarakat Dalam Peta Persaingan E-Commerce di 2023

Sementara dari sisi fitur live streaming yang memberikan kontribusi dalam pertumbuhan bisnis, brand lokal dan UMKM menyebut Shopee Live dengan 64 persen. Angka ini jauh mengungguli e-commerce lain, seperti TikTok Live (27 persen), disusul Lazada (6 persen) dan Tokopedia Play (3 persen).

Adapula aspek keunggulan lainnya pada Shopee Live, yaitu memberikan edukasi kepada penjual. Sebanyak 65 persen brand lokal dan UMKM menilai program edukasi yang ditawarkan Shopee Live sangat bermanfaat dan membantu mereka.

“Dengan data-data ini, dapat disimpulkan bahwa Shopee Live menjadi platform live streaming pilihan utama brand lokal dan UMKM. Shopee Live menjawab berbagai aspek penting yang dibutuhkan oleh para penjual dalam mengembangkan bisnis mereka dan memberikan hasil omzet terbesar bagi brand lokal dan UMKM,” tambah Andi Sukma. (*) Ari Astriawan

Related Posts

News Update

Top News