News Update

Gub BI Ungkap 3 Daya Tarik Indonesia Bagi Investor Global

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan 3 daya tarik Indonesia bagi investor global yang berniat berinvestasi meski ditengah pandemi covid-19.

Hal ini disampaikannya dalam Webinar Indonesia Investment Forum 2021 yang diselenggarakan pada Kamis (27/5). Dalam kesempatan tersebut Perry juga terus mengajak investor global untuk masuk dan menanamkam modalnya di Tanah Air.

Pada daya tarik pertama lanjut Perry, ekonomi Indonesia sudah mulai masuk pada optimisme pemulihan dari pandemi COVID-19. Sementara itu, pertumbuhan ekonomi juga sudah mendekati zona positif. Secara keseluruhan 2021 BI bahkan memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa tumbuh 4,1% sampai 5,1%

“Setelah terjadi kontraksi negatif tahun lalu, dan kontraksi kita lebih kecil dari negara lain. Dari mana datangnya pertumbuhan ini? kinerja ekspor yang sangat kuat, investasi meningkat dan didukung konsumsi swasta dan berlanjutnya stimulus moneter dan fiskal,” ujar Perry.

Pada daya tarik kedua, menurutnya, koordinasi kebijakan yang kuat antara BI dan pemerintah Indonesia bakal mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Di sisi lain, laju inflasi dan stabilitas sistem keuangan pun dinilai masih tetap terjaga pada tahun ini. Oleh karenanya, Perry juga optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam jangka panjang akan dapat kembali terjaga positif diatas 5% dalam beberapa tahun kedepan.

Daya tarik ketiga, digitalisasi ekonomi yang terakselerasi sangat cepat di Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Hal ini tercermin dari transaksi e-commerce yang diperkirakan bakal tumbuh 39% di 2021 atau bisa mencapai US$25 miliar. Sementaea itu, transaksi uang elektronik dan digital banking juga diperkirakan akan tumbuh sebesar masing-masingnya 32% dan 22%. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Soal Isu Divestasi ANZ dan Keluarga Gunawan, Begini Penjelasan Panin Bank

Jakarta - PT Bank Pan Indonesia Tbk. (PNBN) atau Panin Bank memberi penjelasan terkait isu… Read More

29 mins ago

IHSG Dibuka Melemah 0,36 Persen ke Level 7.476

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9.00 WIB (8/10), Indeks Harga Saham Gabungan… Read More

58 mins ago

IHSG Diprediksi Menguat Terbatas, Ini Sentimen Pendorongnya

Jakarta –  Pilarmas Investindo Sekuritas melihat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara teknikal hari ini… Read More

2 hours ago

OJK Beri Izin Usaha Perusahaan Pembiayaan Dana Kini Finance

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi memberikan izin usaha kepada perusahaan pembiayaan atau multifinance… Read More

2 hours ago

Maybank Indonesia Raih The Asian Experience Awards 2024

Head, SME Banking Maybank Indonesia memberikan sambutan saat acara The Asian Experience Awards 2024, di… Read More

11 hours ago

LMAN Buka-bukaan soal Nasib Aset Rumah Dinas DPR

Jakarta - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) mengeklaim siap apabila ditugaskan untuk mengelola rumah dinas… Read More

12 hours ago