Gub BI Ungkap 3 Daya Tarik Indonesia Bagi Investor Global

Gub BI Ungkap 3 Daya Tarik Indonesia Bagi Investor Global

Gub BI Ungkap 3 Daya Tarik Indonesia Bagi Investor Global
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan 3 daya tarik Indonesia bagi investor global yang berniat berinvestasi meski ditengah pandemi covid-19.

Hal ini disampaikannya dalam Webinar Indonesia Investment Forum 2021 yang diselenggarakan pada Kamis (27/5). Dalam kesempatan tersebut Perry juga terus mengajak investor global untuk masuk dan menanamkam modalnya di Tanah Air.

Pada daya tarik pertama lanjut Perry, ekonomi Indonesia sudah mulai masuk pada optimisme pemulihan dari pandemi COVID-19. Sementara itu, pertumbuhan ekonomi juga sudah mendekati zona positif. Secara keseluruhan 2021 BI bahkan memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa tumbuh 4,1% sampai 5,1%

“Setelah terjadi kontraksi negatif tahun lalu, dan kontraksi kita lebih kecil dari negara lain. Dari mana datangnya pertumbuhan ini? kinerja ekspor yang sangat kuat, investasi meningkat dan didukung konsumsi swasta dan berlanjutnya stimulus moneter dan fiskal,” ujar Perry.

Pada daya tarik kedua, menurutnya, koordinasi kebijakan yang kuat antara BI dan pemerintah Indonesia bakal mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Di sisi lain, laju inflasi dan stabilitas sistem keuangan pun dinilai masih tetap terjaga pada tahun ini. Oleh karenanya, Perry juga optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam jangka panjang akan dapat kembali terjaga positif diatas 5% dalam beberapa tahun kedepan.

Daya tarik ketiga, digitalisasi ekonomi yang terakselerasi sangat cepat di Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Hal ini tercermin dari transaksi e-commerce yang diperkirakan bakal tumbuh 39% di 2021 atau bisa mencapai US$25 miliar. Sementaea itu, transaksi uang elektronik dan digital banking juga diperkirakan akan tumbuh sebesar masing-masingnya 32% dan 22%. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]