Gerakan Boikot dan Protes, Bagaimana Masyarakat Dunia Menentang Israel? 

Gerakan Boikot dan Protes, Bagaimana Masyarakat Dunia Menentang Israel? 

Jakarta – Dari Jakarta hingga San Francisco, ratusan ribu orang turun ke jalan selama dua bulan terakhir untuk memprotes serangan Israel yang sedang berlangsung di Gaza.

Hingga kini, serangan Israel tersebut telah menewaskan sekitar 18.700 orang, termasuk lebih dari 7.700 anak-anak.

Dinukil dari laman Al Jazeera, Minggu (17/12), berdasarkan laporan Proyek Data Lokasi & Peristiwa Konflik Bersenjata, sebuah organisasi non-pemerintah yang mengkhususkan diri dalam pengumpulan data konflik, sejak 7 Oktober hingga 24 November, setidaknya terdapat 7.283 protes pro-Palestina yang terjadi di lebih dari 118 negara dan wilayah.

Lebih banyak lagi yang memilih untuk mengungkapkan kecaman mereka dengan menggunakan daya beli mereka, memilih untuk memboikot produk dan layanan yang mendukung Israel, yang pada gilirannya memicu gerakan Boikot, Divestasi dan Sanksi (BDS) yang didirikan pada tahun 2005 oleh koalisi kelompok masyarakat sipil Palestina.

Baca juga: PM Israel Isyaratkan Ada Kesepakatan Baru Soal Gencatan Senjata

Menyensor Suara di Kampus

Di Amerika Serikat, mahasiswa di beberapa universitas, termasuk Universitas Columbia di New York City, menyatakan upaya mereka untuk bersuara menentang aksi pemboman Israel di Gaza telah menemui intimidasi dan sensor.

“Saya pikir berada di sebuah sekolah di Columbia yang memiliki kekuatan global yang begitu besar, saya merasa perlu untuk bertindak. Dan juga, menurut saya isu ini adalah salah satu yang menghubungkan banyak isu lain di mana kita melihat kekerasan polisi, kolonialisme pemukim, isu-isu ini juga sangat penting di Amerika,” kata Daria Mateescu, seorang mahasiswa hukum di Universitas Columbia.

Mateescu (25), adalah generasi pertama keturunan Rumania-Amerika yang memimpin kelompok mahasiswa Columbia University Apartheid Divest, sebuah koalisi yang terdiri dari sekitar 80 organisasi mahasiswa yang melihat Palestina sebagai garda depan pembebasan kolektif kaum marginal.

Mateescu mengatakan, dia dan rekan-rekannya merasa universitas tersebut tidak mendengarkan suara mahasiswa yang menyerukan divestasi kampus Columbia di Tel Aviv, yang tidak dapat dihadiri oleh warga Palestina dan Arab.

Bahkan, penegasan kembali kebebasan berpendapat di kampus dan penerimaan kembali dua kelompok mahasiswa yakni Mahasiswa untuk Keadilan di Palestina dan Suara Yahudi untuk Perdamaian (JVP) telah ditangguhkan oleh universitas pada bulan November.

Mateescu mengatakan, selain protes di dalam dan di luar kampus, anggota komunitas juga membuat pilihan konsumen terkait dengan apa yang mereka yakini.

“Orang-orang sangat menghormati boikot yang ditargetkan terhadap tempat-tempat seperti McDonald’s atau Starbucks. Kami tidak membeli dari tempat-tempat ini. Sungguh luar biasa mendengarnya,” katanya kepada Al Jazeera.

Menurutnya, ada daftar boikot khusus Kolombia yang dibagikan di media sosial untuk menentukan pilihan konsumen lokal. Bahkan, di seberang Atlantik di Inggris, sekelompok mahasiswa di Universitas York juga mengadakan acara untuk meningkatkan kesadaran tentang peristiwa di Palestina.

Di mana, para mahasiswa meminta identitas mereka dirahasiakan karena adanya reaksi negatif dari mereka yang secara terbuka mendukung Palestina.

Baca juga: Hamas: Biden Mulai Sadar Operasi Militer Israel di Gaza Tindakan Tak Masuk Akal

“Saya menemukan bahwa banyak orang tidak ingin mengambil sikap mengenai hal ini dan hanya duduk di tengah-tengah dan banyak orang yang saya kenal tidak terlalu memahami apa yang sedang terjadi karena ada cukup banyak hal yang terjadi. informasi yang salah. Menurut saya, itu tugas Anda untuk mengangkat suara-suara yang belum tentu didengar,” kata salah satu anggota masyarakat.

“Saya rasa, jika saya mengambil tindakan kecil dengan tidak membeli kopi di gerai kopi tertentu, sangat mudah untuk mengambil tindakan kecil untuk memastikan bahwa ada lebih sedikit uang yang disalurkan untuk kekerasan,” katanya, menjelaskan langkah-langkah yang diambilnya.

Anggota lain mengatakan mereka fokus mendidik orang-orang yang mungkin tidak dibekali informasi untuk membentuk opini tentang konflik dan kondisi rakyat Palestina.

Dampak Terhadap Waralaba Milik Lokal

Banyak merek Barat, khususnya yang dianggap pro-Israel, merasakan dampak boikot tersebut. Pemilik waralaba lokal, termasuk McDonald’s di Mesir, Oman, Pakistan, dan Uni Emirat Arab  telah mengeluarkan pernyataan yang menjauhkan diri dari tindakan yang diambil oleh rekan-rekan mereka di Israel.

Selain itu, banyak waralaba yang dimiliki secara lokal, dan pemilik bisnis khawatir akan dampak buruk ekonomi dan pengangguran yang dapat ditimbulkan oleh boikot tersebut.

“Fakta bahwa banyak aktivis boikot spontan kini menghubungi gerakan BDS untuk mendapatkan panduan dalam membangun kampanye yang strategis dan berkelanjutan,” kata salah satu pendiri gerakan DBS Omar Barghouti. 

Ia menjelaskan, kondisi tersebut memberikan harapan selain menghentikan perang genosida Israel juga dapat menyalurkan semua kemarahan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini ke dalam kampanye strategis yang benar-benar dapat mengurangi keterlibatan dalam kejahatan Israel.

Baca juga: Ngeri! Israel Kian Brutal, Menlu Retno Sebut Kondisi Gaza Seperti Neraka

Perusahaan yang Menyatakan Dukungan kepada Israel

Profesor Joseph Sonnenfeld dari Universitas Yale terus memantau perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia yang telah menyatakan dukungan dan solidaritasnya terhadap Israel.

Di mana, banyak perusahaan menyumbang kepada kelompok bantuan internasional yang juga melayani daerah kantong Gaza yang terkepung. Di mana, banyak perusahaan hanya menyatakan dukungannya, beberapa menyatakan dukungan dan bantuannya untuk Israel dan/atau untuk Gaza.

Dari daftar tersebut, Al Jazeera mengkategorikan 212 perusahaan berdasarkan kriteria berikut:

  • Mengecam serangan Hamas pada 7 Oktober (184 perusahaan)
  • Perusahaan berpihak pada Israel (62 perusahaan)
  • Menjanjikan uang kepada Israel atau kelompok Israel (35 perusahaan)
  • Menjanjikan uang kepada kelompok bantuan khusus untuk Palestina (3 perusahaan)
  • Menjanjikan uang kepada kelompok bantuan internasional (26 perusahaan)

Dari 212 perusahaan dalam daftar Sonnenfeld, setidaknya 30 perusahaan memberikan janji finansial kepada Israel dan kelompok afiliasinya. Beberapa janji terbesar termasuk:

  • Michael Bloomberg (USD25 juta), 
  • Jefferies (USD13 juta), 
  • Blackstone (USD7 juta), 
  • Salesforce (USD2,4 juta), 
  • Boeing (USD2 juta), 
  • Disney (USD2 juta), 
  • Johnson & Johnson (USD2 juta ) 

Beberapa perusahaan berjanji untuk mencocokkan sumbangan karyawan. Selain itu, setidaknya 16 perusahaan menjanjikan dana kepada kelompok bantuan internasional. 

Diantaranya adalah UBS (USD10 juta), Chanel (USD4 juta), Salesforce (USD2,3 juta), Verizon (USD2 juta) dan jumlah yang tidak diungkapkan dari Capri Holdings, yang memiliki Jimmy Choo, Versace dan Micheal Kors.

Setidaknya tiga perusahaan secara khusus menjanjikan dana kepada kelompok bantuan Palestina, termasuk Accenture (USD1,5 juta) untuk Bulan Sabit Merah Palestina. (*)

Related Posts

News Update

Top News