Gempa Magnitude 7,2 Guncang Taiwan, Peringatan Tsunami di Jepang dan Filipina

Gempa Magnitude 7,2 Guncang Taiwan, Peringatan Tsunami di Jepang dan Filipina

Jakarta – Gempa bumi berkekuatan magnitude 7,2 mengguncang Taiwan, Rabu (3/4) pagi. Gempa yang berpusat di lepas Pantai Timur Taiwan itu menyebabkan terputusnya aliran listrik di sejumlah bagian kota dan memicu sejumlah peringatan tsunami di berbagai negara, termasuk Jepang.

Dinukil laman Channel News Asia, gempa bumi terjadi pukul 09.00 WIB pagi waktu setempat. Stasiun televisi Taiwan turut menayangkan rekaman sejumlah bangunan yang runtuh di Hualien, yakni lokasi yang dekat dengan pusat gempa. 

Sejumlah orang turut pula dilaporkan terjebak di wilayah tersebut. Menurut seorang saksi mata kepada kantor berita Reuters, gempa tersebut dapat dirasakan hingga ke Shanghai, China.

Baca juga : Berikut Deretan Gempa Bumi Dahsyat Melanda Jepang dalam 30 Tahun Terakhir

Sebagaimana diketahui, gempa tersebut merupakan gempa terbesar yang melanda pulau tersebut sejak tahun 1999, ketika gempa berkekuatan magnitudo 7,6 menewaskan sekitar 2.400 orang

Sementara itu, dilaporkan VOA Indonesia, Badan Meteorologi Jepang turut mengeluarkan peringatan evakuasi untuk daerah pesisir prefektur selatan Okinawa. Diperkirakan gelombang tsunami hingga 3 meter akan mencapai wilayah yang luas di pantai barat daya Jepang itu.

Selain Jepang, Filipina juga mengeluarkan peringatan yang sama, termauk adanya gelompang tsunami dan menyerukan evakuasi di seluruh negeri. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News