Teknologi

Gandeng Nokia, Surge Kembangkan Jaringan Internet untuk 25 Juta Rumah Tangga

Jakarta – PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) atau Surge secara resmi telah melakukan kemitraan strategis dengan Nokia Indonesia dalam rangka mengembangkan dan memperluas layanan internet rumahan yang terjangkau kepada 25 juta rumah tangga di Pulau Jawa dan akan diperluas ke pulau lain di Indonesia.

Inisiatif tersebut bertujuan untuk memberikan layanan internet yang andal, berkecepatan tinggi, serta terjangkau bagi masyarakat, di mana Nokia akan berperan sebagai mitra strategis untuk Surge, menyediakan konektivitas jaringan end-to-end.

Selain itu, inisiatif ini akan menjawab kebutuhan Artificial Intelligence, Machine Learning, Automation, and User Experience Development yang diharapkan akan berdampak pada pendidikan yang mendukung pembelajaran jarak jauh, serta mengembangkan keterampilan digital yang esensial. Sehingga, dapat mempersiapkan generasi muda untuk berkontribusi pada peningkatan kecerdasan dan kesejahteraan bangsa.

Baca juga: Elon Musk Resmi Luncurkan Internet Starlink di Indonesia

Nantinya, Nokia akan menggunakan Software-Defined Lightspan FX access node terbarunya yang mampu menghadirkan GPON/XGS-PON/25GS-PON dan memanfaatkan platform otomasi Altiplano untuk mengoperasikan dan mengoptimalkan infrastruktur Surge, 

Di bawah kemitraan ini, Nokia akan menggelar jaringan DWDM tercanggih dengan menggunakan platform 1830 Photonic Service Switch, yang mampu mencapai kecepatan 400G atau lebih tinggi dengan penggunaan ruang dan konsumsi daya yang lebih rendah. 

Jaringan optik Nokia juga akan berfungsi sebagai backbone untuk konektivitas internet dan konektivitas data center berkapasitas tinggi, memastikan tingkat resiliensi yang tinggi dan latensi yang lebih rendah.

Selain itu, multi-layered IP solution network yang mutakhir juga kan diaplikasikan di sepanjang Pulau Jawa. Jaringan ini mencakup akses berkecepatan tinggi dan aggregation routers, bersama IP routing platform dari Nokia yang berbasis pada FP5 routing silicon sebagai intinya. 

Tujuannya adalah untuk menyediakan layanan home broadband dengan memanfaatkan teknologi Border Network Gateway, Carrier-Grade Network Address Translation, dan Internet Gateway dari Nokia.

Baca juga: Percepatan Konektivitas Internet, Anak Usaha Surge Teken MoU dengan Arsari Sentra Data

Presiden Direktur Surge, Yune Marketatmo, mengatakan bahwa, kemitraan dengan Nokia ini menandai tonggak penting dalam perjalanan kami untuk meningkatkan konektivitas digital yang handal dan terjangkau di seluruh Indonesia.

“Dengan teknologi terkini dari Nokia dan komitmen kami terhadap pengembangan infrastruktur telekomunikasi, kami yakin bahwa kami dapat memberikan dampak yang besar terhadap lanskap digital yang dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” ucap Yune dalam keterangan resmi dikutip, 26 Juli 2024. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

OJK Restui Rencana Spin Off Unit Usaha Syariah Asuransi BRI Life

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyetujui rencana pemisahan atau spin off Unit Syariah Asuransi… Read More

17 mins ago

Malam Ini Tarif Tol Jakarta-Tangerang Naik, Cek Rinciannya di Sini!

Jakarta – Mulai Sabtu, 19 Oktober 2024, pukul 00.00 WIB, tarif tol Jakarta-Tangerang yang dikelola… Read More

19 mins ago

Sri Mulyani Bawa Kabar Buruk: Ketidakpastian Global Kembali Meningkat

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan memasuki akhir 2024 risiko ketidakpastian pasar keuangan global kembali… Read More

50 mins ago

Berikan Fleksibelitas Pembiayaan, Proyek Joint Venture Astra Land Indonesia dan Sinar Mas Land Gandeng 10 Bank Besar

Jakarta - PT Ruby Karya Sejahtera, perusahaan joint venture antara Astra Land Indonesia (ALI) dan… Read More

1 hour ago

Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi Tumbuh 5,1 Persen di Akhir 2024

Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan pertumbuhan ekonomi RI mencapai 5,1 persen secara… Read More

1 hour ago

KSSK: Stabilitas Sistem Keuangan RI Masih Terjaga di Triwulan III 2024

Jakarta – Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menyatakan bahwa sistem keuangan Indonesia tetap terjaga hingga triwulan III… Read More

2 hours ago