Gandeng Faber-Castell, WIR Group Bawa Seni ke Era Digital

Gandeng Faber-Castell, WIR Group Bawa Seni ke Era Digital

Jakarta – Produsen alat tulis, Faber-Castell bekerja sama dengan AR&Co, anak usaha WIR Group (PT WIR ASIA Tbk), perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) hadirkan pengalaman menggambar menggunakan Augmented Reality di Faber-Castell Art Festival 2023.

Dengan mengusung tagline #InspiringCreativity Faber-Castell Art Festival, kehadiran realitas mewarnai dengan menggunakan Augmented Reality semakin mendorong penggunaan immersive technology di berbagai bidang termasuk seni dan budaya.

Gupta Sitorus, Chief Sales and Marketing Officer, WIR Group mengatakan, dalam mengembangkan teknologi, pihaknya mengacu pada filosofi inklusivitas sehingga semua orang dapat menikmati pengalaman imersif yang belum pernah dirasakan.

Baca juga: WIR Group dan Institut Pariwisata Trisakti Kembangkan Pariwisata Berbasis Web3

“Kami terus mengembangkan teknologi yang dapat bermanfaat bagi seluruh kategori industri, salah satunya adalah pendidikan termasuk di seni dan budaya. Anak-anak dapat belajar sambil bermain, memahami konsep warna, proporsi, dan kreativitas,” ungkap Gupta dalam keterangan tertulisnya, 6 November 2023.

“Sedangkan untuk para seniman, realitas mewarnai dengan menggunakan Augmented Reality dapat menciptakan potensi kolaborasi dengan pengembang teknologi untuk menciptakan karya seni yang unik,” tambah Gupta.

Sementara, Managing Director Faber-Castell International Indonesia, Yandramin Halim mengatakan realitas mewarnai dengan Augmented Reality adalah pernikahan antara seni konvensional dan teknologi modern. Ini menciptakan pengalaman seni yang tak terlupakan dan mendalam.

“Dalam dunia yang semakin dipengaruhi teknologi, konsep ini membuktikan bahwa teknologi dapat mengenalkan elemen baru yang kaya dalam seni, yang selalu terbuka untuk eksplorasi dan inovasi,” ujarnya.

Tak ayal, kata Yandramin, Faber-Castell Art Festival 2023 memiliki sentuhan yang berbeda. Karena fokus pada kreativitas dan keberlanjutan. Selain itu, program ini juga berhasil membangun interaktivitas dengan para pengunjung, terutama program mewarnai menggunakan Augmented Reality.

Baca juga: Supermicro Garap Potensi Pasar Teknologi AI

“Di sini pengunjung diajak melakukan aktivitas sekaligus edukasi teknologi melalui aplikasi ARt Alive. Harapannya kegiatan yang kami lakukan ini akan memberikan makna dan kesan yang mendalam bagi seluruh pengunjung,” ujarnya.  

Faber-Castell Art Festival 2023 digelar selama enam hari mulai  31 Oktober – 5 November 2023 di Main Atrium Senayan City (Sency), Jakarta.

Dengan berbekal peralatan menggambar yang disediakan Faber-Castell, pengunjung dapat mencoba menggambar dan mewarnai yang kemudian dimunculkan pada layar proyeksi melalui aplikasi ARt Alive,  dan akan bergerak seperti layaknya sebuah animasi. (*)

Related Posts

News Update

Top News