Gandeng Amazon Web Series, Krom Bank Perkuat Layanan Digital

Gandeng Amazon Web Series, Krom Bank Perkuat Layanan Digital

Jakarta – PT Krom Bank Indonesia Tbk (BBSI) atau Krom Bank mengumumkan kerja sama dengan Amazon Web Series (AWS) sebagai penyedia layanan digital operasional. Ini sebagai upaya dalam mendukung Krom Bank sebagai salah satu bank berbasis digital.

Direktur Utama Krom Bank, Anton Hermawan, menyatakan bahwa, dengan membangun layanan Krom Bank di platform AWS, diharapkan Perseroan akan menjadi lebih lincah dalam melakukan eksperimen dan perubahan, serta semakin meningkatkan kecepatan akses aplikasi yang aman.

“AWS memberikan fleksibilitas yang kami butuhkan untuk mengembangkan berbagai layanan perbankan digital kami dengan cepat, sehingga layanan kami menjadi lebih menarik dan mudah digunakan,” ucap Anton di Jakarta, 5 September 2024.

Baca juga: Tumbuh Double Digit, Krom Bank Raup Laba Bersih Rp65,14 Miliar di Juni 2024

Berdasarkan kerja sama tersebut, Krom Bank juga menggunakan fitur Amazon Recognition, sebagai layanan yang dapat menganalisis gambar dan video. Fitur ini untuk mengenali nasabah melalui foto selfie, sehingga proses masuk ke aplikasi menjadi lebih mudah dan aman. 

Selain itu, teknologi ini juga memungkinkan nasabah untuk mengirimkan dokumen melalui aplikasi untuk membuka rekening dalam waktu kurang dari tiga menit dari mana saja, asalkan memiliki sinyal ponsel. 

Lalu, Krom Bank pun membangun basis datanya menggunakan Amazon Aurora, sebuah layanan basis data yang sangat canggih dan dapat diandalkan yang memastikan aplikasi mereka tetap dapat diakses dengan lancar meskipun jumiah pengguna semakin bertambah. 

Selanjutnya, Krom Bank menggunakan Amazon SageMaker, sebuah layanan untuk mengembangkan model kecerdasan buatan (Al), untuk melatih dan menguji model Al mereka sendiri. Model-model ini membantu meningkatkan pengalaman nasabah dengan menganalisis perilaku mereka saat menggunakan aplikasi Krom Bank. 

Baca juga: Bos Bank Mandiri Bagikan Kisah Sukses Transformasi Digital di IAF 2024

Hingga saat ini Krom Bank telah memiliki ratusan ribu nasabah yang menuntut Perseroan untuk memiliki penyimpanan data yang kuat.

Krom Bank juga menggunakan Amazon Elastic Container Service (Amazon ECS), sebuah layanan untuk mengatur aplikasi, untuk menambahkan fitur-fitur baru di aplikasi mobile mereka seperti kemampuan verifikasi identitas elektronik (e-KYC). 

Hal ini memungkinkan pelanggan untuk membuka rekening bank 10-20 kali lebih cepat melalui aplikasi dari pada mereka harus datang langsung ke kantor cabang bank. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News