Fokus Segmen UMKM, Fintech Batumbu Salurkan Pendanaan Rp24,8 Triliun

Fokus Segmen UMKM, Fintech Batumbu Salurkan Pendanaan Rp24,8 Triliun

Jakarta – Perusahaan Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI) atau Financial Technology (Fintech) Peer-To-Peer (P2P) Lending, PT Berdayakan Usaha Indonesia (Batumbu) terus memperluas jangkauan penyaluran pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) secara digital.

Hal tersebut tercermin dari pencapaian Batumbu yang berhasil meningkatkan penyaluran pendanaan terakumulasi sebesar Rp24,8 triliun hingga akhir kuartal II-2023. Angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 88% bila dibandingkan dengan pencapaian penyaluran pendanaan pada tahun sebelumnya di periode yang sama.

Baca juga: Gandeng Batumbu, Bank Mandiri Targetkan Salurkan Kredit Rp50 M ke UMKM

Direktur Utama Batumbu, Tan Glant Saputrahadi dalam keterangannya yang dikutip Kamis, 21 September 2023 mengatakan, peningkatan penyaluran pendanaan ini memiliki dampak positif terhadap pencapaian pendapatan operasional perseroan, dimana terjadi lonjakan pertumbuhan sebesar 91% jika dibandingkan dengan akhir Desember 2022.

Perseroan juga berhasil membukukan laba positif di 2022, dan menunjukkan pertumbuhan eksponensial atas pencapaiannya, dimana pertumbuhannya lebih dari 5x per posisi 31 Desember 2022. Batumbu juga mampu menjaga posisi Tingkat Keberhasilan 90 hari/ TKB90 pada tingkatan 99,66% (data per 31 Agustus 2023), dengan penyaluran pendanaan UMKM sektor produktif di 27 provinsi.

Tan Glant menguraikan, Batumbu yang telah resmi terdaftar dan memperoleh izin usaha dari OJK di 2021, memiliki visi untuk mendukung pengembangan sektor produktif khususnya di segmen UMKM. “Batumbu menerapkan bisnis model yang berfokus ke manajemen rantai pasok, serta modernisasi kemampuan solusi digital untuk percepatan inklusi keuangan Indonesia,” ujarnya.

Atas pencapaian kinerja yang positif tersebut, Batumbu meraih penghargaan bergengsi dari The Asian Bankers. Batumbu menjadi satu-satunya perusahaan non-perbankan yang berhasil meraih penghargaan “The Best SME Financing 2023” pada acara The Asian Banker Excellence in Retail Financial Services & Technology Innovation Indonesia Awards 2023.

Baca juga: MenkopUKM Dorong Fintech Berikan Solusi Akses Pembiayaan ke UMKM

“Merupakan kehormatan besar untuk menerima penghargaan ini. Terima kasih kepada The Asian Banker, pencapaian ini merupakan wujud dari dedikasi dan usaha tidak kenal lelah dari seluruh insan Batumbu, serta menunjukkan bentuk kepercayaan dan dukungan dari seluruh rekanan Batumbu yang terus meningkat,” ungkap Tan Glant.

Selain Batumbu, The Asian Banker juga memberikan penghargaan kepada beberapa institusi keuangan terkemuka lainnya seperti PT Bank Central Asia Tbk (BCA), PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan AlloBank, yang berhasil memenangkan kategorinya masing-masing. (*)

Related Posts

News Update

Top News