Fokus Bidik UKM, KoinWorks Bank Resmikan Kantor Pusat di BSD

Fokus Bidik UKM, KoinWorks Bank Resmikan Kantor Pusat di BSD

Tangerang Selatan – KoinWorks Bank, bagian dari KoinWorks Group, meresmikan kantor pusatnya di Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan. Ini sebagai langkah untuk lebih dekat dengan konsumen Usaha Kecil Menengah/UKM (Small Medium Enterprise/SME) dan masyarakat luas.

Willy Arifin, Founder dan Executive Chairman KoinWorks Group mengatakan, kantor pusat ini bisa melayani nasabah lebih dekat dan bertemu dengan ahli dari KoinWorks Bank.

“Ini merupakan salah satu milestone penting bagi KoinWorks Group, dan semakin memperkuat kehadiran KoinWorks Group dalam ekosistem keuangan Indonesia,” kata Willy, Senin, 9 September 2024.

Selain meresmikan kantor pusat KoinWorks Bank di BSD, Joko Purwanto, Direktur Utama KoinWorks Bank mengatakan, pihaknya juga memperkenalkan opsi pembiayaan yang dirancang untuk dan disesuaikan dengan kebutuhan UKM/SME, yang memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia.

Baca juga: KoinWorks: 60 Persen UMKM Hadapi Tantangan Rantai Pasok

“Opsi pembiayaan dari KoinWorks Bank membantu UKM/SME mengembangkan bisnis mereka dengan dukungan finansial yang terukur dan fleksibel, sesuai dengan tujuan keuangan nasabah dan dalam pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan),” tambah Joko.

Dilihat dari kinerja, kata Joko, saat ini KoinWorks Bank mencatatkan capaian positif di Agustus 2024 dengan mencetak laba Rp4,8 miliar. Profitabilitas bulanan ini konsisten sejak Februari 2024, setelah lahirnya KoinWorks Bank di Oktober 2023.

“Sebelumnya kita sempat catatkan rugi Rp3 miliar pada Desember lalu, namun keuntungan mulai meningkat pada Februari. Hingga Agustus 2024, kami punya aset Rp229 miliar dan laba Rp4,8 miliar,” jelas Joko.

Baca juga: OJK Permudah Perizinan BPR dan BPRS Lewat Aplikasi SPRINT

Adapun penyaluran pinjaman (lending) dari KoinWorks Bank tumbuh sebesar 355 persen hingga Agustus 2024. Penyaluran kredit tersebut dibarengi dengan kualitas kredit. Ini terlihat rasio Non-Performing Loan (NPL) saat ini berada di 0,01 persen.

“Karena kami fokus pada melayani UKM / SME dan kami memiliki analisis yang prudent,” jelas Joko.

KoinWorks Bank juga membukukan Loan Deposit Ratio (LDR) terjaga sebesar 68 persen dan Capital Adequacy Ratio (CAR) sebesar 24,93 persen.

“Kami konsisten fokus pada UKM selaras dengan tujuan dan fokus dari KoinWorks Group sebagai induk kami,” tutup Joko. (*)

Related Posts

News Update

Top News