Filianingsih Dinilai Lebih Berpengalaman Duduki Jabatan Deputi Gubernur BI

Filianingsih Dinilai Lebih Berpengalaman Duduki Jabatan Deputi Gubernur BI

Jakarta – Nama Filianingsih Hendarta Asisten Gubernur Bank Indonesia (BI) sekaligus Kepala departemen Kebijakan Sistem  Pembayaran, disebut lebih berpengalaman untuk menduduki posisi Deputi Gubernur BI menggantikan Dody Budi Waluyo.

Menurut Direktur Eksekutif Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira, Filianingsih atau yang akrab disapa Fili ini lebih pas untuk menggantikan Dody B. Waluyo menjadi Deputi Gubernur BI dibandingkan dengan Dwi Pranoto yang saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Regional sekaligus Asisten gubernur BI,.

“Kalo deputi gubernur lebih pas Filianingsih Hendarta karena pengalaman yang cukup lama terutama dalam membidangi inovasi digital di BI,” ujar Bhima saat dihubungi Infobanknews, Selasa, 7 Februari 2023.

Filianingsih memiliki sepak terjang yang lama di BI, bahkan ia mengawali karirnya di BI sejak tahun 1986. Dilansir dari website BI, sejak tahun 2019 hingga saat ini ia menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran. Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial periode 2015-2019 dan Kepala Departemen Pengelolaan Moneter periode 2013-2015.

Wanita kelahiran Surabaya tahun 1963 ini, menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang Hukum Universitas Airlangga pada tahun 1985. Mendapatkan gelar Master di bidang Economics & Finance dari Boston University, USA pada tahun 1992.

Sedangkan, Dwi Pranoto, mengawali karirnya di Bank Indonesia pada 1988. Sepak terjang Dwi yaitu pernah menjabat sebagai Kepala Perwakilan BI Wilayah III periode 2012-2013, Kepala Perwakilan BI Wilayah IV periode 2013-2014, Kepala Departemen Regional II periode 2014-2019 dan sejak tahun 2019 sampai dengan saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Regional.

Pria kelahirann Jakarta tahun 1963 ini, menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang Teknik Industri Institut Teknologi Bandung pada tahun 1986. Mendapatkan gelar master di bidang Business Management di Asian Institute of Management pada tahun 1993.

Seperti diketahui, Filianingsih Hendarta Asisten Gubernur Bank Indonesia (BI) sekaligus Kepala departemen Kebijakan Sistem  Pembayaran dan Dwi Pranoto Kepala Departemen Regional sekaligus Asisten gubernur BI, merupakan dua nama yang sudah dikantongi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggantikan Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo yang akan berakhir masa jabatnya pada April 2023.

Kedua nama tersebut, akan segera diserahkan ke Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI) untuk selanjutnya dilakukan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan paling lambat bulan ini. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News