Elon Musk Resmi Luncurkan Internet Starlink di Indonesia

Elon Musk Resmi Luncurkan Internet Starlink di Indonesia

Jakarta – CEO SpaceX sekaligus Tesla Inc, Elon Musk resmi meluncurkan layanan internet Starlink di Tanah Air. Peluncuran sendiri dilakukan di Puskesmas Pembantu Sumerta Kelod, Denpasar, Bali, Minggu (19/5).

Musk yang tiba sekitar pukul 16.45 WITA itu, didampingi oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, dan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi.

Menilik akun X miliknya, Musk turut mengabadikan kedatangannya ke Bali dalam salah satu postingan lantaran terhormat bisa meluncurkan Starlink di Indonesia.

Baca juga: Daftar 10 Orang Terkaya Terbaru 2024: Bos Louis Vuitton ‘Tendang’ Elon Musk dari Posisi Puncak

“Merasa terhormat meluncurkan @Starlink di Indonesia!” cuit Elon Musk di akun X resmi miliknya, dikutip Senin, 20 Mei 2024.

Diketahui, internet Starlink merupakan layanan internet satelit yang dikembangkan oleh SpaceX, perusahaan teknologi milik Elon Musk. 

Starlink ini menggunakan konstelasi satelit rendah bumi (LEO) untuk menyediakan akses internet berkecepatan tinggi ke berbagai daerah di seluruh dunia, terutama di daerah-daerah terpencil. 

Selain meluncurkan internet Starlink, Elon Musk sendiri turut menghadiri perhelatan World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali.

Dirinya disambut oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

“Saya berkesempatan menjemput Elon di Bandara pagi ini dan kemudian membicarakan beberapa agenda beliau selama di sini dan tentunya beberapa kerja sama penting,” kata Luhut, dalam keterangan resmi.

Baca juga: Tesla PHK Karyawan Lagi, Kini Sasar Divisi Perangkat Lunak

Ia menjelaskan, salah satu kerja sama penting yang dilakukan, yaitu peresmian layanan internet Starlink yang mampu menjangkau hingga pelosok Indonesia, 

“Kerja sama sebagai bentuk pemerataan di seluruh provinsi di Indonesia yang akan terintegrasi dengan pelayanan kesehatan dan pendidikan,” bebernya.

Luhut berharap melalui peluncuran Starlink ini, masyarakat di daerah terpencil bisa menikmati akses informasi dan jaringan internet secara cepat seperti dengan penduduk yang tinggal di kota besar. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News