Ekonomi Baik, Indeks Keyakinan Konsumen November Terus Menguat

Ekonomi Baik, Indeks Keyakinan Konsumen November Terus Menguat

Jakarta – Survei Konsumen yang digelar Bank Indonesia pada November 2021 mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi terus menguat. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) November 2021 sebesar 118,5, lebih tinggi dari 113,4 pada Oktober 2021.

IKK meningkat pada seluruh kategori pengeluaran dan kelompok usia responden. Secara spasial, IKK meningkat di sebagian besar kota yang disurvei, tertinggi di Pontianak, diikuti oleh Palembang dan Mataram.

“Penguatan keyakinan konsumen pada November 2021 didorong oleh perbaikan persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, terutama persepsi terhadap ketersediaan lapangan kerja dan penghasilan saat ini,” jelas Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi, Erwin Haryono pada keterangan resminya, 8 Desember 2021.

Peningkatan tersebut juga sejalan dengan terus membaiknya aktivitas ekonomi dan penghasilan masyarakat didorong meningkatnya mobilitas seiring berlanjutnya pelonggaran pembatasan mobilitas. Ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi mendatang juga tercatat membaik ditopang kenaikan pada seluruh indeks pembentuknya, dengan peningkatan tertinggi pada indeks ekspektasi kegiatan usaha. (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News