Dukung Keuangan Berkelanjutan, CIMB Niaga Gelar The Cooler Earth Sustainability Series 2024

Dukung Keuangan Berkelanjutan, CIMB Niaga Gelar The Cooler Earth Sustainability Series 2024

Jakarta – Industri perbankan Indonesia saat ini telah memulai langkah positif untuk mendukung suistanability finance. Seperti, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga). Bank yang dipimpin Lani Darmawan sebagai direktur utama ini, terus menunjukkan komitmennya dalam mendorong keuangan berkelanjutan di Indonesia, salah satunya dengan menyelenggarakan The Cooler Earth (TCE) Sustainability Series 2024 di Graha CIMB Niaga dan Energy Building Jakarta, Rabu-Jumat, 2-4 Oktober 2024.
 
Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga Fransiska Oei mengungkapkan, tahun ini TCE Sustainability Series dirancang dalam format berbeda dan menghadirkan beragam kegiatan, mulai dari Exhibition, Media Gathering, serta Experiential Learning dengan mengusung semangat #SekarangUntukMasaDepan.

Sejak awal 2024 CIMB Niaga juga telah mengadakan TCE Sustainability Series di 17 kota di Indonesia, termasuk Jakarta. Hal ini diharapkan dapat merangkul lebih banyak kalangan seperti media, nasabah, karyawan, pelajar, komunitas, dan masyarakat dalam mewujudkan bumi yang lestari.

“Dampak pemanasan global kini kian nyata, contohnya kualitas udara yang buruk dan panas ekstrem yang membuat lingkungan tidak sehat. Kondisi ini tentu tidak kita harapkan dan perlu langkah nyata untuk mengatasinya. Karena itu, CIMB Niaga sebagai bank yang berkomitmen dan aktif dalam mengimplementasikan sustainability, menyelenggarakan rangkaian acara ini sebagai inisiatif untuk mengajak masyarakat luas dalam menerapkan gaya hidup ramah lingkungan,” katanya, di Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Baca juga: CIMB Niaga Targetkan 10 Juta Nasabah di 2025, Begini Strateginya

Ia menambahkan, CIMB Niaga, sebagai bank yang terus mendukung keberlanjutan juga telah menargetkan untuk menghentikan pembiayaan batu bara termal di tahun 2030, komitmen nol deforestasi, nol gambut, dan nol eksploitasi, serta target penurunan emisi GRL interim tahun 2030 untuk sektor Kelapa Sawit, Ketenagalistrikan, Batu Bara Termal, Semen, Minyak & Gas Bumi, dan Perumahan & Rumah Tinggal.

“CIMB Niaga yang merupakan bagian dari CIMB Group, kami one of the first company Indonesia yang mengumumkan ke publik bahwa akan net zero terhadap emisi operasional di 2030,” tambahnya.

Di sisi lain, Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi menjelaskan untuk memberikan kemudahan bagi nasabah dalam menerapkan sustainability saat beraktivitas perbankan, CIMB Niaga menyediakan berbagai produk bertema sustainability, baik di segmen Consumer Banking maupun Business Banking.

Baca juga: Kisi-kisi OJK akan Kondisi Perbankan Pasca Pemangkasan BI Rate

Di antaranya Kartu Kredit Digital OCTO Card (kartu kredit tanpa kartu fisik), dan program One House One Tree yang mengalokasikan donasi 1 pohon setiap pembelian 1 unit rumah. Adapun di segmen Business Banking yaitu pembiayaan sustainability linked-loan (SLL) atau sustainable finance (SF) serta Giro Kartini, produk giro khusus bagi para pengusaha wanita.

“Konsistensi CIMB Niaga dalam mendorong praktek bisnis yang sesuai prinsip Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (LST) tercermin dari penyaluran pembiayaan berkelanjutan. Pada semester I 2024, hampir 26% dari total pembiayaan Bank (atau setara dengan Rp56,4 triliun) mendukung transisi yang berkelanjutan menuju ekonomi rendah karbon, Perjanjian Paris, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG). Hal ini merupakan bukti komitmen CIMB Niaga untuk tidak sekadar mengejar profit, namun juga berkontribusi menjaga kelestarian lingkungan dan bumi untuk generasi mendatang,” katanya, di Jakarta, Rabu (2/10/2024). (*) Ayu Utami

Related Posts

News Update

Top News