Keuangan

Dukung Industri Asuransi Syariah, Islamic Insurance Society Siapkan Tenaga Ahli Berkualitas

Jakarta – Islamic Insurance Society (IIS) siap bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh stakeholders di industri asuransi syariah di Indonesia dalam menyusun dan menyiapkan kurikulum berbasis kompetensi.

Hal tersebut bertujuan untuk menyiapkan tenaga ahli asuransi syariah yang berkualitas dan kompeten sesuai dengan SKKNI Perasuransian terbaru dan tantangan industri, serta sesuai dengan standar kompetensi dari BNSP.

Hal itu didiskusikan dalam Rapat Kerja Tahunan IIS bertempat di Bumi Gumati Sentul, Bogor, pada Sabtu (20/1) yang  dipimpin oleh Ketua IIS periode 2023-2026, Edi Setiawan dalam rapat kerja yang membahas evaluasi program kerja tahun 2023 dan rencana program kerja tahun 2024.

Baca juga: Ini Dia Outlook Pertumbuhan Asuransi Syariah di Tahun Politik

Edi juga mengungkapkan bahwa, sebagai sebuah perkumpulan ahli asuransi syariah, IIS siap untuk memenuhi kebutuhan Sumber Daya Insani (SDI) yang kompeten dan berkualitas sesuai dengan tingkatannya bagi industri perasuransian syariah.

“Potensi industri asuransi syariah di Indonesia masih sangat besar untuk terus bertumbuh seiring dengan pertumbuhan perbankan syariah dan ekosistem syariah,” ucap Edi dalam keterangannya, Sabtu, 20 Januari 2024.

Adapun, dalam mewujudkan dukungan tersebut, selama tahun 2023, IIS telah menyelenggarakan tujuh sesi pelatihan tingkat dasar atau basic yang diikuti oleh 262 peserta, dua sesi pelatihan tingkat ajun ahli sebanyak 36 peserta, dan satu sesi pelatihan tingkat ahli sembilan peserta.

Baca juga: Dorong Penetrasi Asuransi Syariah, Manulife Indonesia Luncurkan MPDS

Sehingga sampai dengan saat ini, terdapat 2.805 orang alumni tingkat basic, 473 orang tingkat ajun ahli, dan 74 orang tingkat ahli.

Selain pelatihan reguler, IIS juga melakukan kegiatan literasi untuk mempromosikan dan mensosialisasikan ilmu dan pengetahuan tentang asuransi syariah ke masyarakat. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Ini Cara OJK Dukung UMKM Manfaatkan Pendanaan dari Pasar Modal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat penghimpunan dana oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah… Read More

10 hours ago

Jokowi Terima Brevet Hiu Kencana di Atas KRI RJW–992, Apa Itu?

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana dalam upacara yang… Read More

13 hours ago

Setkab dan Kemensetneg Umumkan Hasil Verifikasi Sanggahan Pelamar CPNS 2024

Jakarta - Panitia Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sekretariat Kabinet (Setkab) dan Kementerian Sekretariat… Read More

13 hours ago

Ubah Lahan Kritis Jadi Produktif, PLN Kembangkan Ekosistem Biomassa Berbasis Pertanian Terpadu

Jakarta - Upaya pengembangan ekosistem biomassa berbasis pertanian terpadu yang diinisiasi oleh PT PLN (Persero)… Read More

13 hours ago

Bank Mandiri Kembali Meluncurkan Mandiri MyPertamina Card untuk Manjakan Pencinta Otomotif

Jakarta – Bank Mandiri terus konsisten mendorong inovasi yang Adaptif dan Solutif melalui perluasan ekosistem,… Read More

14 hours ago

Bibit dan Jago Ajak Curhat Keuangan untuk Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi

Jakarta - PT Bank Jago Tbk dan PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit) mengadakan acara talk… Read More

1 day ago