Dukung Ekonomi Biru, J Trust Bank Garap Kredit Mikro bagi Kelompok Nelayan RI 

Dukung Ekonomi Biru, J Trust Bank Garap Kredit Mikro bagi Kelompok Nelayan RI 

Jakarta – PT Bank JTrust Indonesia Tbk (J Trust Bank) siap berperan aktif mendukung ekonomi biru di Indonesia. Untuk mendukung program tersebut, dilakukan penandatangani Nota Kesepahaman (Memo of Understanding/MoU) antara J Trust Bank dengan Blue Institute. 

Tujuannya, untuk ‘Pembiayaan Mikro kepada Koperasi Masyarakat Perikanan Pesisir’ bermitra dengan PT Sinar Purefoods Internasional dan PT Samudra Ulam Nusantara.  

Direktur Bisnis J Trust Bank Widjaja Hendra mengatakan, pihaknya bersemangat menggarap kerja sama kredit mikro untuk pelaku usaha pada ekosistem kelautan khususnya pada kelompok nelayan.  

“Tidak hanya pemberian kredit, J Trust Bank juga turut berbagi peran dalam program tanggung jawab sosial perusahan (CSR) bersama dengan PT Sinar Purefoods Internasional dan PT Samudra Ulam Nusantara,” katanya, dikutip Kamis, 4 Juli 2024. 

Baca juga: Usulan Perpanjangan Restrukturisasi Tuai Reaksi, J Trust Bank Bilang Begini

Menurutnya, hal ini selaras dengan komitmen perseroan untuk meneruskan kinerja positif perusahaan melalui pertumbuhan portfolio pembiayaan berkelanjutan. 

Seperti diketahui, ekonomi biru, atau yang juga dikenal sebagai ekonomi laut merujuk pada pemanfaatan sumber daya laut secara berkelanjutan untuk peningkatan ekonomi, perbaikan kehidupan masyarakat, serta kesehatan ekosistem laut.

Ekonomi biru tentunya sangat bergantung pada kondisi kehidupan segitiga terumbu karang sebagai episentrum keanekaragaman hayati laut dunia yang meliputi lautan enam negara di kawasan Asia Pasifik: Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon, dan Timor Leste. 

Baca juga: Kredit Mikro BRI Tumbuh 10,9 Persen di Kuartal III 2023, Ini Pendorongnya

Domain maritim merupakan mesin pertumbuhan utama bagi perekonomian ASEAN. Sektor perikanan, transportasi laut, dan pariwisata serta kegiatan ekonomi berbasis laut lainnya menyumbang 15,5 persen dari produk domestik bruto (PDB) di kawasan ini dan mendukung 18,2 persen lapangan kerja. 

“J Trust Bank siap berperan aktif dalam mendukung ekosistem ekonomi biru di Indonesia. J Trust Bank meyakini pentingnya membangun kekuatan ekonomi yang berkelanjutan di sektor kelautan di mana laut adalah penopang kehidupan untuk bumi dan seluruh mahluk hidup di dalamnya,” jelasnya. 

Pada sesi panel, J Trust Bank memaparkan kesiapannya memberikan kredit mikro via indirect channel kepada pelaku usaha ultra-mikro di dalam ekosistem ekonomi biru melalui kerja sama dengan pihak ketiga yang nantinya membantu J Trust Bank dalam mendistribusikan kredit tersebut. (*) 

Editor : Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News