Dua Maskapai Internasional Buka Rute Baru ke RI: Salah Satunya akan Ramai Mendarat di Kertajati

Dua Maskapai Internasional Buka Rute Baru ke RI: Salah Satunya akan Ramai Mendarat di Kertajati

Jakarta – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mengapresiasi sejumlah maskapai penerbangan internasional yang membuka rute penerbangan baru ke Indonesia.

Sebab, hal ini bisa mendorong lonjakan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Tanah Air.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya mengatakan, sejumlah maskapai yang membuka rute penerbangan anyar tersebut adalah Scoot Airlines dan Air Asia.

Baca juga : Kunjungan Wisman ke RI Capai 1,31 Juta, Terbanyak dari Negara Ini

Scoot sendiri adalah maskapai penerbangan berbiaya rendah asal Singapura yang sebelumnya telah membuka beberapa rute penerbangan ke beberapa daerah di Indonesia seperti Jakarta, Bali, dan juga Lombok.

“Kemarin, pada Sabtu (28/9), pukul 16.35 WIB Scoot untuk pertama kalinya mendarat di Bandara Kertajati, Jawa Barat. Terima kasih Scoot dan ini sudah akan melayani penerbangan dua kali sepekan, Selasa dan Sabtu dengan kapasitas 112 penumpang,” kata Nia, dikutip Selasa, 1 Oktober 2024.

Sementara, Air Asia adalah maskapai penerbangan asal Malaysia yang membuka rute penerbangan Hong Kong-Denpasar pada Selasa (1/10/2024) dan Hong Kong-Jakarta pada 8 Oktober 2024.

“Kedua rute itu frekuensi penerbangannya adalah setiap hari dan pesawat yang digunakan adalah Airbus 320 dengan kapasitas 180 penumpang,” jelasnya.

Baca juga : Incar 250 Ribu Wisatawan RI, Begini Strategi yang Dilakukan Taiwan

Nia menambahkan, Kemenparekraf menyambut baik kehadiran rute penerbangan baru ini. Sebab dengan hadirnya rute-rute penerbangan baru ini diharapkan akan menambah pilihan maskapai penerbangan bagi wisman yang ingin berkunjung ke Indonesia

“Mudah-mudahan ini akan memberikan dampak positif terhadap jumlah kunjungan wisatawan,” pungkasnya.

Wisman ke RI Makin Ramai

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), tercatat jumlah kunjungan wisman ke Indonesia makin ramai selama periode Januari-Juli 2024 menembus 7,75 juta, naik 20,75 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Adapun, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia selama Juli 2024 didominasi oleh wisman asal Malaysia sebanyak 177,71 ribu kunjungan (13,56 persen), wisman asal Australia sebanyak 166,92 ribu (12,73 persen), China 126,11 ribu (9,62 persen), serta Singapura 102,32 ribu (7,81 persen). (*)

Related Posts

News Update

Top News